} Berbagai kegiatan Seru Anak-anak Selama Liburan Panjang - Rumah Kurcaci Pos

Berbagai kegiatan Seru Anak-anak Selama Liburan Panjang

 Liburan anak sekolah telah tiba. Pastinya sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Selain bisa   terbebas dari kegiatan dan tugas sekolah, mereka juga bisa melakukan beragam kegiatan yang menyenangkan.

Kegiatan Anak-Anak Selama Liburan Sekolah
Desain Canva

Nah, berikut beberapa kegiatan yang bisa atau biasa dilakukan oleh anak sekolah, khususnya usia SD 7-12 tahu. Pastinya semuanya menyenangkan dan membawa manfaat.

Wisata

Anak-anak pasti senang bila diajak berwisata. Apalagi bersama keluarga. Bisa mengunjungi tempat baru atau melihat hal-hal baru. Nah, wisata itu beragam juga, dan tidak harus mahal kok. Asalkan semua senang dan gembira.

Wisata Alam 

Alam Indonesia sangat banyak dan beragam. Terbentang dari Sabang sampai Merauke. Saat libur sekolah, memang sangat bagus mengajak anak-anak berwisata alam. Mengenalkan kepada anak-anak, bagaimana Indahnya Indonesia. Mulai dari pantai, gunung, gua, dan lainnya.

Wisata Tempat Bersejarah

Indonesia juga banyak tempat bersejarah yang mengiringi perjuangan Bangsa Indonesia. Mulai dari  museum, banteng, sampai dengan gua-gua. Mengunjungi tempat bersejarah, akan berbeda rasanya dengan melihat di televisi, youtube atau membaca.

mengisi Liburan ke Museum Fatahillah
Museum Fatahillah Jakarta (Dokpri)

Serunya, tempat wisata ini banyak yang berada juga di pusat kota. Misalnya di Jakarta ada kawasan Kota Tua. Di sana banyak museum-museum yang wajub di kunjungi. Mulai dari Museum Bank Mandiri, Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Kramik dan Seni Rupa, sampai dengan museum Wayang.

Ikut berbagai kegiatan

Liburan panjang juga waktunya ikut berbagai kegiatan. Anak-anak bisa pilih kegiatan yang disukai. Selain ada kegiatan yang bisa melatih kemandirian, kekompakan, dan tenggang rasa, juga ada pelatihan yang bisa mengembangkan bakat dan kemampuan.

Kemping

Kegiatan kemping ini pastinya seru. Selain bisa menikmati sejuknya alam, anak-anak juga bisa melakukan berbagaik kegiatan di alam bebas. Anak-anak juga diajarkan bersahabat dan mencintai alam. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan.

Pesantren

Liburan sekolah banyak juga diadakan pesantren kilat. Nah, cocok bagi anak-anak untuk memperdalam ilmu agama islam.

Kelas Menulis

Anak-anak yang suka menulis cerita, bisa ikut kelas menulis cerpen, dongeng, dan fabel. Nah, Kelas Kurcaci Pos ada tuh kelas menulis cerita anak online. kelasnya diadakan di grup whatsapp. Selain materi singkat, nanti ada juga tugas menulis cerita. Selesai kelas, bisa lancar menulis cerita anak. Minat membaca pun semakin meningkat. Dengan ikut kelas menulis, secara tidak langsung anak-anak juga dituntut untuk membaca. 

Sunat

Liburan panjang juga banyak dimanfaatkan anak-anak untuk khitan atau sunat  apalagi waktu yang cukup panjang, jadi proses menyembuhan lebih maksimal. Kalau mepet waktunya, kan buru-buru mau pakai celana. Terus pas sunat kan, biasanya dapat angpao. Nah, bisa dibelikan sesuatu. kebanyaan anak membeli sepeda. Selain buat ke sekolah, sepeda bisa dipakai main bersama teman.

Liburan di Rumah

Bagi yang tidak liburan, tidak perlu kecewa. Banyak kok kegiatan di rumah yang bisa dilakukan selama liburan panjang. Terutama membantu orang tua di rumah. Nah, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di rumah?

Membereskan kamar

selama ini anak-anak sibuk sekolah, jadi terkadang kamar kurang diberesin secara maksimal. Nah, libur panjang saatnya beres-beres kamar. Selain kamar jadi bersih dan rapi, bisa juga menemukan barang-barang yang selama ini terselip. pastinya semakin nyaman berada di kamar sendiri.

Membersihkan Halaman

Mengisi liburna di ruamah bisa dengan cara membersihkan halaman. Anak-anak bisa mencabut rumput liar, menyapu halaman, termasuk membuang sampah. Selama liburan juga bisa diberi tugas menyiram tanaman. Pastinya senang kalau halaman rumah bersih. Nyamuk pun akan jauh, dan kita terbebas dari penyakit.

Membantu Orang Tua

Kegiatan lainnya yang bisadilakukan anak-anak selama liburan panjang, tpai tidka ke mana-mana adalah membantu orang tua. Misalnya kalau orang tua punya warung, bisa membantu menjaga warung. Orang tua ada usaha laundry, bisa mengantarkan cucian laundry ke pelanggan. 

Bermain Bersama Teman

Bermain bersama teman juga sangat mengasyikkan selama liburan panjang sekolah. pastinya ada teman sebaya yang tinggal di sekitar, yang tidak pergi liburan juga. Anak-anak bisa naik sepeda bersama ke taman atau keliling kompleks. Bisa juga melakukan percobaan-percobaan seru. Tidak ketinggalan, bis membuat kerajinan juga dari bahan-bahan bekas.

Nah, itu dia berbagai kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak selama liburan panjang. Semua tidak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat. Selamat liburan...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Berbagai kegiatan Seru Anak-anak Selama Liburan Panjang"

  1. Selama libur panjang, anak² memang harus selalu diajak beraktivitas yah, biar nggak bosan dan menambah pengetahuan mereka juga.

    ReplyDelete
  2. Kalau libur sekolah di desa lebih identik dengan waktu khitan atau sunat. Kalau sudah libur sekolah di desa jadi ramai orang hajatan untuk walimatul khitan.

    ReplyDelete
  3. Asyik banget kegiatannya. Mengisi liburan di tempat-tempat wisata yang edukatif dan hal-hal lainnya yang positif. Yang seperti ini sangat perlu dicontoh oleh orang tua agar si kecil gak mainan hp mulu kegiatan liburannya

    ReplyDelete
  4. Orang tua memang harus kreatif banget membuat acara ketika anak-anak libur sekolah, kalau ga begitu, bisa-bisa anak-anak megang HP terus.
    Alhamdulillah kemarin baru saja bawa anak-anak wisata alam, naik gunung tipis-tipis, terus main di sungai di kampung yang masih jernih banget di bawah kaki gunung gede. Seneng banget lihat mereka menikmati jalan-jalan di masa liburan ini

    ReplyDelete
  5. Nah iya anak-anak harus diberi dengan berbagai kegiatan daripada diem aja di rumah main HP.

    ReplyDelete
  6. Paling asik kegiatan saat liburan emang wisata ya atau main di luar ruangan gitu ya. Biar anak nggak mager aja gitu di rumah

    ReplyDelete
  7. Ya ampun ini anak-anak liburan juga yang gabut baget. Tapi seru sih kalau ada wisata edukasi kaya wisata alam dan wisata ke tempat bersejarah. Kemaren sempet maen ke museum juga. Tapi liburan di rumah juga ngga kalah seru, biasanya saya suruh bantu beres-beres rumah, berkebun, nyuci sepatu, bersihin kandang kucing wkwkwk.

    ReplyDelete
  8. Jadwal liburannya udah penuh bgt nih. Tp yg pasti kebersamaan adalah kuncinya. Liburan murah meriah tp berkesan akan lbh bermakna jk dgn kehadiran dan kebersamaan keluarga.

    Jadi kangen wisata2 lg yg ngajak ortu. Tp krn sepuh, jd udh ga bs ngajak jalan jauh2.

    ReplyDelete
  9. Bingung bangett ini aku wkwkwk liburan masih lamaaa, udah kehabisan ide mau ngapain aja wkkww asal jangan keluar ke tempat2 wisata, karena pasti bakal ngabisin duit kalo ngajak anakku mah >.<

    ReplyDelete
  10. sebetulnya banyak nih yang bisa dikerjain anak-anak tapi tergantung kita orang tuanya bisa nemenin apa enggak hihi..

    ReplyDelete
  11. Anak-anak kudu banget mengisi waktu liburan dengan aktivitas yang positif. Bila orangtua masih ada urusan pekerjaan, masih ada 1001 aktivitas positif seperti yang disarankan mas Bams di atas.

    ReplyDelete
  12. beberapa temen anak-anakku memanfaatkan liburan dengan sunat loh, mungkin biar leluasa emaknya ya ngurus pasca sunat. biasa kan anak abis sunat suka agak tantrum ya

    ReplyDelete
  13. Wisata tempat bersejarah seru siihh, selain bisa berlibur bersama, anak-anak juga bisa ningkatin ilmu dan wawasannya tentang sejarah.

    ReplyDelete
  14. Kami juga belum kemana mana nih selama liburan ini, karena masih ada kegiatan daftar ulang, cap tiga jari dari sekolah yang waktunya tidak bersamaan. Anak-anak di rumah cuma menjalankan hobinya masing masing, ada yang renang, ada yang menggambar...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.