} Senangnya Bernostalgia Majalah Bobo 50 Tahun - Rumah Kurcaci Pos

Senangnya Bernostalgia Majalah Bobo 50 Tahun

Sore, sekitar pukul 5 sore, ada Pak Kurir yang datang ke rumah saya. Pas benar, saya sudah mandi dan wangi hehehe. Sesuai perkiraan saya, paketb yang datang adalah paket yang sudah saya tunggu-tunggu.

Majalah Bobo Edisi Spesial 50 Tahun
Desain Canva

Yess.. akhirnya majalah Bobo edisi spesial 50 tahun sudah datang. Majalah ini, memang diterbitkan secara khusus dan dicetak terbatas, dalam rangka memperingati ulang tahun majalah Bobo Indonesia yang ke 50 tahun. Lho kok majalah Bobo Indonesia? Memang ada majalah Bobo negara lain.

Sebagai info, Majalah Bobo Indonesia itu terbit pertama kali 14 April 1973. Ini bermula dari rubrik anak di halaman kompas yang menjadi cikal bakal Majalah Bobo. Kemudian dikembangkan dengan menjadi majalah anak-anak bekerja sama dengan majalah Bobo Belanda.

Majalah Bobo Edisi 50 Tahun

Malam itu, 9 Juni 2023, saya kebetulan sedang membuka instagram. Nah, tidak sengaja, saya melihat postingan majalah Bobo seputar Pre Order atau PO majalah Bobo edisi 50 tahun ini. Wah, saya langsung tertarik untuk pesan. Maka buru-buru saya meluncur ke Tokopedia.

berfoto bersama majalah bobo 50 tahun
Foto Sok Imut Biar Imut Kayak Bobo hehehe...

Esok harinya, ternyata sudah heboh juga teman-teman yang pada PO majalah Bobo edisi spesial 50 tahun ini. Bahkan beberapa teman mulai kesulitan pesan di Tokopedia atau Shoppe. Mbak Pupuy Hurairah, salah satu teman penulis pun minta tolong kepada saya. Syukurlah masih bisa pesan di Grid Shop.


Pre Order majalah Bobo edisi 50 tahun ini pun ditutup 15 Juni 2023. Estimasi pengiriman itu sebenarnya di awal bulan Juli 2023. Tapi ternyata, akhir Juni, Bobo edisi spesial 50 tahun sudah sampai di tangan saya. Bahkan beberapa hari sebelumnya, sudah banyak teman-teman saya yang menerimanya.

Bernostalgia Bersama Bobo sekeluarga dan Teman-teman

Awalnya, saya mengira majalah Bobo edisi spesial 50 tahun ini isinya 50 cerpen dan dongeng yang pernah dimuat di Majalah Bobo sepanjang masa. Makanya jujur saja nih, saya berharap akan nyelip cerpen atau dongeng saya. Pastinya bangga juga masuk ke edisi spesial ini. Apalagi baru kali ini, Majalah Bobo khusus menerbitkan majalah edisi khusus seperti ini.

Namun ternyata, isinya adalah cergam atau cerita bergambar menjadi rubrik di Majalah Bobo. Selain itu ada juga 2 komik yang pernah ruitn mengisi majalah Bobo. Jadi kita akan diajak bernostalgia kembali bersama majalah Bobo edisi spesial 50 tahun ini.

Keluarga Bobo

Keluarga Bobo

Cergam keluarga Bobo memang cerita bergambar yang bercerita tentang Bobo dan keluarganya. Seiring waktu, pastinya terjadi penambahan tokoh juga. Misalnya, waktu saya masih kecil, adik Bobo itu Cuma 2, yaitu si Coreng dan Upik. Sekarang sudah ada si Cimut hehehe.

Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang


Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang

Cergam Bona ini dari dulu sampai sekarang ini pun, masih mengisi majalah Bobo. Bedanya, dulu itu, Bona bersahabat dengan Rong Rong seekor kucing. Nah, sekarang, Bona bersama si Ola dan si Kaka. Saya pun masih penasaran, kenapa ya, Rong Rong sampai berpisah dengan Bona? Hehehe. Kalau ada yang tahu jawabannya, komen ya...

Cergam Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang ini setiap dimuat hanya 1 halaman majalah saja. Makanya selalu berada di halaman kaver belakang. Namun terkadang juga di halaman dalam, tergantung sikonnya.

Paman Kikuk, Husin, dan Asta

Paman Kikuk, Husin, dan Asta

Cergam Paman Kikuk, Husin, dan Asta juga masih menghiasi Majalah Bobo sampai saat ini. Paman yang sesuai dengan namanya yang selalu kikuk ini, tinggal bersama keponakannya bernama Husin. Makin seru dengan kehadiran Asta si anjing kecil milik Husin. Sebenarnya ada juga tokoh sentral lainnya.  Namanya Bibi Ndari. Hanya sesekali muncul saja.

Juwita dan si Sirik

Juwita dan si Sirik juga cergam yang pernah mengisi majalah Bobo. Dulu itu, Juwita dan si Sirik tayangnya bergantinya dan Paman Kikuk, Husin, dan Asta. Jadi misalnya Juwita dan si Sirik tayang edisi minggu ini, minggu depannya baru Paman Kikuk, Husin, dan Asta.

Juwita dan si Sirik

Setelah tidak tayang di majalah Bobo, Juwita dan si Sirik tayang di majalah Junior Bobo yang khusus untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Cerita dari Negeri Dongeng

Cerita Negeri Dongeng

Yang kenal Oki dan Nirmala, pasti tahu mereka tinggal di negeri mana kan? Yess Negeri Dongeng. Di negeri itu tinggal para peri dan kurcaci. Terus ada Ratu Bidadari yang memimpin Negeri Dongeng. Silakan mampir saja untuk mencicipi kue enak buatan Pak Dobleh hehehe.

Pak Janggut

Sesuai namanya, Pak Janggut rambutnya dan janggutnya putih. Padahal nama aslinya Douwe Dabbert yang suka pakai naju berwarna hijau. Dia suka membawa buntalan kain berwarna merah. Pak Janggut suka bertualang ke tempat-tempat indah. 

Pak Janggut

Dulu itu, Pak Janggut merupakan komik sisipan bersambung di majalah Bobo, selain sisipan komik lainnya yang seperti Nina. Jadi kalau dikumpulin, bisa dibundel. Makanya ada juga 23 komik Pak Janggut yang terbit sekitar tahun 1975-2002 dan sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. 

Deni Manusia Ikan

Komik Deni Manusia Ikan pernah mengisi majalah Bobo. Seingat saya, komik bersambung ini sampai tahun 90-an masih ada. Hanya sampai sekarang, saya tidak tahu, apakah Deni berhasil menemukan orang tuanya? Dan ternyata.. di edisi majalah Bobo 50 Tahun, diceritakan Deni berhasil bertemu ornag tuanya setelah pencarian selama 8 tahun. Wow.. suprais...

Deni Manusia Ikan

Kalau komik Pak Janggut itu sisipan yang bisa dilepas, maka komik Deni Manusia Ikan ini menyatu dan sebagai halaman majalah Bobo. Jatahnya 2 halaman juga. Hanya pernah juga ada buku komik utuh dari Deni manusia Ikan.

Bagaimana? Seru kan bernostalgia kembali dengan Bobo dan teman-teman di edisi spesial 50 tahun ini? Makin happy karena ada stikernya juga. Terus dapat akses gratis e-magazinedan akses Bobo.id selama setahun. Gratis lagi. Asyik kan... 

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Senangnya Bernostalgia Majalah Bobo 50 Tahun"

  1. Bobo edisi 50 tahun saya juga sudah datang Mas...Meski agak kaget karena enggak ada cerpen atau dongengnya, padahal kalau ada cerita Mas Bambang layak masuk nih, karena penulis legend Bobo..mungkin next time ya
    Tapi edisi ini memang bisa bikin kita jadi nostalgia ..asyikk

    ReplyDelete
  2. Daku kenal sama majalah bobo ini berkat teman sekelas ada yang bawa. Jadilah kenalan deh sama si Paman Kikuk sama si Bona.
    Berkesan ya Pak pastinya melihat 50 tahun majalah bobo ini, karena banyak memori yang membersamai di situ

    ReplyDelete
  3. Majalah Bobo adalah salah satu legacy yang sepatutnya bisa terus bertahan. Selamat ya mas bisa dapat majalah spesial ini. Semoga makin jaya untuk Bobo.

    ReplyDelete
  4. bacaan masa kecilku banget nih, dulu bahkan awal belajar baca pun dengan majalah ini, aaaaah nostalgia banget deh, hepi bgt kalo pas terbit edisi barunya tuh pasti langsung disikat habis baca majalah bobo

    ReplyDelete
  5. Dulu sekali, almarhum kakek saya sering banget langganan majalah bobo. dan waktu itu saya masih kecil dan alhamdulillah dari hal ini literasi saya agak mulai jalan, diajarin baca2 dll. Seru ya, kalo ngomongin nostalgia masa kecil.

    ReplyDelete
  6. sy yg bukan pembaca bobo sejak kecil ikutan nostalgia baca ulasannya pak. usianya juga sudah 50 tahun ya. Warbiasya memang. kalau aku suka cerita bona si gajah endut yang punya beragam aksi lucu.....

    ReplyDelete
  7. Happy 50th Bobo.
    Rasanya seneng banget bisa mengikuti majalah Bobo dari tahun ke tahun. Dan rubrik yang paling dicintai, masih bertahan dan semakin dicintai turun temurun oleh generasi gen alpha.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.