} Proses Belajar di Kelas Kurcaci Pos - Rumah Kurcaci Pos

Proses Belajar di Kelas Kurcaci Pos

Mungkin banyak teman yang bertanya-tanya, bagaimana proses belajar di kelas menulis Kurcaci Pos. Ada sih, yang langsung inbox bertanya, dan senang hati saya akan jawab. Tapi bagaimana yang penasaran, tapi malu bertanya? Hehehe. Nah, biar teman-teman mengetahui proses kelas Kurcac i Pos, maka saya beberkan di sini. Biar tidak penasaran lagi hehehe...




Pembukaan kelas Baru
        Biasanya, setiap ada kelas baru Kurcaci Pos, maka saya akan umumkan di postingan facebook.  Setelah itu, bagi yang berminat, bisa inbox untuk mendaftar. Banyak juga yang awalnya komen di postingan. Hanya biasanya, langsung saya ajak lanjut di inbox.
       Dulu kelas kurcaci Pos itu maksimal 10 orang tiap kelas. Kemudian ada sistem pesan tempat. Nah, biar maksimal, maka kelas-kelas terakhir ini, cukup maksimal 6 orang saja, dan tidak ada pemesan tempat.  Jadi siapa yang duluan daftar, dia yang saya ikutkan. Bila lebih, maka saya masukkan daftar tunggu.

Postingan di Facebook
        Tapi saya juga memperhatikan keseriusan dan semangat yang mendaftar. Jadi kalau misalnya ada teman yang dulu daftar, terus batal tanpa konfirmasi, maka tidak akan saya terima. Soalnya selama ini alasannya karena lupa hehehe. Saya lebih suka memberi kesempatan teman-teman yang baru ikut, tapi dengan semangat menulis yang tinggi. 
         Nah, Setelah ada 6 orang mendaftar, maka otomatis pendaftaran saya tutup. Saya pun segera menghubungi mereka via inbox bersama. Selain konfirmasi untuk info kelas, saya juga mengkonfirmasikan nomor rekening saya untuk transfer fee kelas hehehe.
       Saya sengaja menetapkan waktu transfernya. Karena pengalaman dulu-dulu, sudah pesan tempat dan waktunya masuk kelas, ada yang tidak konfirmasi lagi. Setelah saya hubungi, katanya dia batal ikut. Kalau sudah begini, kasihan teman lain yang ingin ikut dan saya tolak kemarin. Jadi kalau sekarang ada batas waktunya, maka yang tidak transfer, saya anggap batal, dan masih bisa diganti teman lain.

Masuk kelas
      Setelah semua transfer, maka saya segera memasukkan teman-teman ke kelas yang memang sudah saya siapkan sebelumnya, yaitu di grup rahasia FB. Jadi hanya saya dan anggota yang bisa melihat hehehe.
        Biasanya, beberapa hari sebelum kelas. Selain bisa saling kenalan, teman-teman juga bisa melihat-lihat isi kelas. Saya memang selalu memposting duluan, contoh-contoh cerita saya yang dimuat di media anak. Jadi teman-teman sudah ada bayangan, cerita-cerita seperti apa yang sesuai dengan media yang akan dituju.
      
Contoh Postingan Cerita di Kelas
      Selanjutnya, prosesnya sama. Sebelum materi berlangsung, saya selalu posting contoh-contoh cerita dulu. Misalnya kelas senin depan materi fabel, maka hari sabtu atau minggu, saya sudah posting contoh fabel-fabel.

Proses belajar
      Proses belajar di kelas Kurcaci Pos, setiap materi diawali sharing dulu. Misalnya materi pertama adalah cerpen realis, maka kita akan sharing cerpen realis. Jadi saya posting materi singkat, teman-teman mengajukan pertanyaan, saya menjawab.
    Tentu saja, pertanyaannya tidak terbatas pada materi yang sedang disharing. Teman-teman boleh bertanya lainnya seputar dunia menulis cerita anak. Semakin banyak bertanya, malah semakin bagus, karena materi akan berkembang. Jadi kalau ikut kelas Kurcaci Pos, jangan ragu dan malu bertanya. Malu bertanya, sesat saat mengerjakan tugas hehehe...
         Setelah sharing selesai, maka teman-teman harus mengerjakan tugas sesuai materi. Misalnya materi sharing dongeng, maka teman-teman harus mengerjakan tugas menulis dongeng. Biar seru dan ada tantangannya, maka setiap tugas ada clue-nya. Jadi teman-teman terlatih mencari ide dari tantangan yang saya berikan. Waktu pengerjaan tugas seminggu. Yang penting sebelum materi baru berlangsung.
Beginilah Bentuk Koreksian Tugas

       Setelah mengerjakan tugas, teman-teman langsung setor ke saya. Tugas akan saya periksa. Bila masih ada koreksian, maka tugas saya posting di kelas dalam bentuk file. Tugas itu diunduh oleh si pemilik tugas, untuk dilihat balon-balon komentar dan catatan pada tugasnya. Dari masukan saya itu, teman-teman kembali merevisi tugasnya. Selesai merevisi, setor lagi ke saya. Tugas kembali saya periksa. Bila sudah saya ACC, maka tugas akan saya posting secara utuh di kelas. Tugas bisa dikirim ke media anak.
      Tugas ini, bisa diunduh siapa saja. Misalnya tugas si A, bisa diunduh oleh si B, C, D, E, dan F. Begitu juga sebaliknya. Jadi setiap ada tugas, teman-teman bisa mempelajari 6 tugas. Jadi bisa dijadikan pelajaran, agar semakin bagus saat mengerjakan tugas selanjutnya.
     Nah, begitulah proses kelas Kurcaci Pos. Simpel saja. Jadi saya tidak mengajarkan teori menulis ini dan itu. Tapi lebih pada pengalaman menulis saya. Berminat ikut kelas Kurcaci Pos? Silakan..
Kurcaci Pos


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Proses Belajar di Kelas Kurcaci Pos"

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.