} Ternyata Bobo Belanda dan Bobo Indonesia Berbeda Juga, Lho - Rumah Kurcaci Pos

Ternyata Bobo Belanda dan Bobo Indonesia Berbeda Juga, Lho

Sahabat Kurcaci Pos pasti sudah banyak yang tahu majalah Bobo edisi Indonesia. Majalah anak-anak yang terbit setiap hari kamis. Tapi tahu tidak, kalau ada juga majalah Bobo edisi Belanda. Bahkan lebih duluan terbit, lho. 



Pada tanggal 7-19 Oktober 2023, diadakan pameran Growing Up with Bobo, From the Netherlands to Indonesia.  Pameran ini khusus memamerkan kokeksi-koleksi seputar Majalah Bobo. Tidak hanya edisi Indonesia tapi juga edisi Belanda juga. 

O, iya. Pameran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati majalah Bobo Indonesia yang ke 50 tahun yang jatuh pada tanggal 14 Apro 2023. Selain itu, juga memperingati hari anak-anak di Belanda yang ajtuh pada 5 Oktober 2023.

Kurcaci pos sengaja menghadiri pamerannya di hari senin 9 Oktober 2023 di Eramus Huis Library, kedutaan belanda di Jakarta. Tepatnya di jalan H.R Rasuna Said. Sebabnya, tanggal 7 Oktober itu hanya dihadiri oleh undangan, sedangkan hari minggu Eramus Huis Library tutup. 

Sampai di Pameran Bobo

Sekitar pukul 11 siang, Kurcaci Pos sudah sampai di Eramus Huis Library di daerah kuningan jakarta selatan. Tempatnya mudah dijangkau kok, karena bisa naik busway. Kurcaci Pos turun di Halte Kuningan, lalu berjalan kaki saja menuju Eramus Huis Library. 

Senangnya Berjumpa Bobo dan Cimut

Sebelum masuk, tas bawaan Kurcaci Pos diperiksa dulu. Setelah itu baru dipersilakan masuk. Kurcaci Pos langsung menuju lantai 2 tempat berlangsungnya pameran.

Wah, begitu masuk, Kurcaci Pos langsung disambut oleh Bobo dan Cimut di pintu masuk. Tidak lupa Kurcaci Foto dulu. Setelah itu, Kurcaci Pos pun langsung asyik berkeliling melihat apa saja yang dipamerkan. 

Koleksi Majalah Bobo Belanda dan Majalah Bobo Indonesia

Sesuai dengan tema pameran, memang fokus menampilkan koleksi Bobo, baik Bobo edisi Belanda maupun Bobo edisi Indonesia. Mulai dari kaver majalah Bobo dai awal terbit, sampai dengan kaver majalah edisi tahun 2023.

Parada Kaver Bobo Edisi Belanda 

Parade Kaver Bobo Edisi Indonesia

Ada juga poster-poster keluarga Bobo. Kurcaci Pos jadi tahu nih, perbedaan nama-nama adik-adik Bobo versi Belanda dan versi Belanda. Kalau di Indonesia kan nama adik-adik Bobo itu adalah Coreng, Upik, dan Cimut. Nah, kalau Bobo versi Belanda, adik-adik Bobo bernama, Krabbel, Boemsi, dan Tumtum.

Keluarga Bobo Belanda

Keluarga Bobo Indonesia

Dipamerkan juga pernak-pernik yang pernah menjadi bonus majalah Bobo Indonesia. Ada jam tangan, lalu foto-foto, kaos kaki, tempat pensil, topi dan lainnya. Kalau zaman Kurcaci Pos dulu, ada bonus saputangan dan kertas surat Bobo hehehe.

Bonus Majalah Bobo Indonesia

Sedang untuk pernak-pernik majalah Bobo Belanda itu ada DVD, handuk, permainan dan topi. 

Pernak-pernik Bobo Belanda



Perbedaan Majalah Bobo Edisi Belanda dan Indonesia

Puas berkeliling, ternyata Kurcaci Pos jadi semakin tahu apa saja perbedaan majalah Bobo edisi Belanda dengan majalah Bobo edisi Indonesia. Walaupun sama-sama  kelinci biru, ya hehehe. Dan ini di perbedaannya.


Tanggal Lahir

Perbedaan pertama itu dari tanggal lahirnya. Majalah Bobo Belabda lahir pada tahun 1968, sedang majalah Bobo Indonesia tahun 1973. Tepatnya tanggal 14 Apri. Jadi beda 5 tahun ya. Kalau sekarang bobo indoensia berusia 50 tahun, majalah edisi Belanda berusia 55 tahun.

Cetakan Bobo Belanda


Kertasnya

Ternyata, kertas yang digunakan itu berbeda lho. Majalah bobo edisi Belanda menggunakan kertas yang lebih tebal dan glosy atau mengkilap. sedangkan majalah Bibo Indonesia sejak awal sampai sekarang menggunkan kertas koran. Ini bisa disaksikan dari penampilan majalah Bobo Belanda dan Bobo Indonesia.




Segmen Pembaca

Perbedaan berikutnya adalah dari segmen pembaca. Majalah Bobo Belanda segmen pembacanya itu usia TK atau pra school berkisar 2-5 tahun Makanya lebih banyak aktivitas. Seperti mewarnai, meggambar, sampai emnggunting lewat cetakan fisik. Hampir sama dengan bobo yunior ya. 

Cetakan Bobo Indonesia

Sedangkan majalah bobo Indonesia itu segmen pembacanya usia SD. Makanya isinya lebih beragam. Mulai dari cerpen dan dongeng, arena kecil dan Tak Disangka, sampai dengan rubrik Halamanku

Itu dia jalan-jalan seru Kurcaci Pos ke Pameran Bobo. Sangat seru sekali. Bobo emmang datang dari negeri Belanda ke Indonesia, untuk menjadi teman bermain dan belajar kita semua... B..O..B..O.. asyiknya di rumah kalau ada Bobo.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Ternyata Bobo Belanda dan Bobo Indonesia Berbeda Juga, Lho"

  1. Seru banget ya liat pameran bobo ini. Aku dulu langganan dan sering banget dapat bonus. Seingatku yang paling berkesan itu rumah kertas yang dibikin sendiri

    ReplyDelete
  2. JAdi ikutan nyanyi. Bobo teman bermain dan belajar b o b o boboo.

    Nah iya Mas Bams. Cover bobo edisi Belanda kok mirip bobo junior. Ternyata isinya juga untuk anak prasekolah ya. Mirip bobo junior.

    Kalau di bobo edisi belanda berarti tidak ada cerita nirmala, oki, paman kikuk?

    ReplyDelete
  3. Majalah yang selalu aku tunggu-tunggu setiap minggunya pas jaman anak-anak.
    Rubrik yang paling aku suka justru kolom alamat buat cari sahabat pena sama unjuk bakat. Hihihi.. aku dulu kecil juga pingin karyaku dipajang di majalah, mas Bams.

    MashaAllaa yaa..
    Uda menemani tumbuh kembang anak-anak di Indonesia dan Belanda.

    ReplyDelete
  4. Majalah ini legend banget sih. Aku masih ingat seminggu sekali bapak selalu membawakan majalah ini untukku. Baru tahu sekarang, ternyata ada versi Belanda, ya. Serupa tapi tak sama, hehe...

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada Bobo dari Belanda ya..
    Daku pikir Bobo ya Indonesia aja.
    Perbedaannya signifikan juga ya, dan menariknya nama² temen Bobo yang Belanda unik juga ada Tumtum.
    Apapun segmennya Bobo disukai siapa aja ya

    ReplyDelete
  6. kenangan banget niy Mas mahalah bobo ini sewaktu kecil terkenal banget dan sering dibeliin. Baru tahu tanggal lahirnya majalah Bobo dua-duanya dan ternyata Bobo Belanda 5 tahun lebih tua ya, cabangnya apakaha hanya di Indonesia saja atau memang ada juga ya di negara lain Mas, kalau ada mungkin pameran di tiap negara juga ya, legen banget deh majalah anak-anak niy pokoknya

    ReplyDelete
  7. bobo belanda yang terbitan awal agak kurus ya, makin ke sini, bentuk bobonya lebih lucu, lebih khas anak-anak, dulu pernah dapat bonus pin juga kalau nggak salah. Semoga bobo tetap langgeng umurnya

    ReplyDelete
  8. Kalau lihat tahun lahirnya, Berarti Bobo Belanda lebih awal dari pada bjjo Indonesia ya, Kak. Jadi oenasaran dengan Bobo Belanda apakah isinya sama, Kak?

    ReplyDelete
  9. Jujur aku baru tahu ada Bobo Belanda masyaAllah. Aku kira hanya di Indonesia saja. Semoga ada pamerannya di Surabaya jga deh penasaran juga sama Bobo Belanda

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada Bobo edisi Belanda. Kyknya Bobo itu franchise gt yak. Jd bs digunakan di semua negara asal membeli lisensinya. Dan bs jd Kompas Gramedia baru membeli lisensi itu stlh Bobo edisi Belanda terbit.

    Bgm pun Bobo emg menjadi sahabat anak2 Indonesia. Meski aku bkn penggemar berat Bobo, majalah nak yg aku baca pertama kali ya Bobo ini meski ga lengkap satu edisi. Maklum dpt gratisan baca buku dan majalah di masjid kampung. Kyknya udh sobek sana sini. Jd tersisa bbrp halaman doank.

    Smg pameran Bobo ini bs dihadirkan di Surabaya ya. Biar ku bisa menikmati pamerannya jg.

    ReplyDelete
  11. Wah baru tau kalo bobo ada edisi belanda dan baru tahu ternyata lrbih senior bpbo edisi belanda. Dengan pernak-pernik lucu dan mendidik seperti dvd, permainan...aku pikir bobo asli buatan Indonesia

    ReplyDelete
  12. wah aku justru ya baru ini tau soal Bobo Belanda ini, ternyata ada tohhhh, memang majalah anak yang satu ini tuh menemani masa2 kecil saya dan termasuk yg berperan bgt buat ngelancarin baca tulisku dulu

    ReplyDelete
  13. Kok kayaknya seru yaahhh, jadi kayak museum atau memang museum yaahh 😍😍😍. Duuhh, jadi pengen ikutan liat langsung deh, dan penasaran dong sama majalah Bobo Belanda.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget jaman keicl nih pak, majalah bobo dulu langganan. Cerita cerbungnya seru. apalagi nunggu cerita bona

    ReplyDelete
  15. baru tau kalo ada BOBO di Belanda juga :) memang top banget ini majalah anak ya, anakku sekarang jg jadi suka karena aku belikan yg keluaran terakhirnya kemarin hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.