} Libur Panjang tapi Tidak Pergi LIburan? Apa yang Harus dilakukan? - Rumah Kurcaci Pos

Libur Panjang tapi Tidak Pergi LIburan? Apa yang Harus dilakukan?

Libur panjang tapi kok tidak pergi liburan? Apa tidak bosan? Terus apa yang harus dilakukan, ya?

Minggu Ini bikin happy. Tidak Hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Ya, ada tanggal merah di hari kamis tanggal 8 Februari dan 10 Februari di hari sabtu. Karena hari jumat tanggal 9 itu dianggap hari kejepit, maka ada cuti bersama. Horeee... Libur 4 hari, dari hari Kamis sampai minggu. 




Padahal dulu, zaman saya sekolah, tidak ada yang namanya cuti bersama di hari kejepit. Misalnya senin dan rabu tanggal merah, maka hari selasa tetap masuk sekolah. Libur itu kalau memang di kalender tanggal merah. Sementara adik saya masuk di hari jumat.

Tapi untuk yang bekerja, Mungkin ada perhitungan lain. Misalnya adik saya yang libur dari kamis sampai Minggu. Sebabnya kalau tetap jumat masuk lalu sabtu libur, nanti produksi tanggung. Padahal mesin harus berjalan. Maka agat efektif, amka jumat libur, tapi nanti dihitung utang. Nanti setiap hari selama beberapa hari ditambah 1 jam kerja.

Libur Panjang tapi Tidak liburan

Libur panjang memang seru. Apalagi 4 hari. Bisa liburan nih, termasuk bisa pulang kampung. Misalnya berangkat sejak rabu malam, lalu pulangnya minggu malam. Pasti dijamin senang. Apalagi sudah jauh-jauh direncanakan dengan matang.




Tapi bagaimana bagi anak-anak yang libur panjang, tapi tidak liburan, ya? Salah satu faktornya, itu tadi karena orang tua tidak cuti bersama. Pastinya akan bosan juga. Ujung-ujung main hape terus  akan bosan juga dan membuat anak jadi malas. 

Terus aktivitas  apa saja Yang bisa dilakukan orang tua bersama anak selama libur panang ini?

Beragam aktivitas saat Libur Panjang tapi tidak liburan

Beragam aktivitas saat libur panjang tapi tidak liburan bisa dilakukan anak-anak. Tapi memang kuncinya harus dari orang tua yang bergerak mengajak anak untuk melakukan beragam aktivitas yang bermanfaat. Pastinya bisa dilakukan dengan gembira, bahkan tanpa mengeluarkan biaya.




Olahraga Bersama

Aktivitas bersama yang bisa dilakukan adalah orang tua mengajak anak berolahraga bersama. Tidak harus jauh-jauh. Bisa di taman kompleks terdekat. Apalagi biasanya di taman itu ada arena permainan anak juga. Jadi anak-anak olahraga sekligus bermain.




Naik sepeda bersama juga bisa sekali dilakukan. Tapi orang tua harus terus fokus memperhatikan anak mengendarai sepeda. Biasanya memang anak yang bersepeda di depan, baru orang tua mengikuti di belakang. Sangat disarankan memakai helm pelindung juga.

Bila tidak ada taman atau jauh, olahraga bersama bisa dilakukan di rumah saja. Kalau cuaca terang bisa di halaman atau teras rumah. Bila cuaca kurang mendukung, bisa di dalam rumah. Misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Membersihkan Rumah

Mengajak anak membersihkan rumah termasuk aktivitas menyenangkan saat menghabiskan libur panjang bersama. Selain rumah bersih, anak-anak juga diajarkan untuk lebih mandiri. Jadi lain waktu, dia bisa melakukan tanpa disuruh.

Berikan tugas anak sesuai kemampuannya dan usianya. Misalnya membereskan mainannya yang sebelumnya berantakan, membersihkan kamar, belajar mencuci kaos kaki dan sepatu sendiri, dan lainnya.

Biasanya saat membersihkan rumah, maka ada barang-barang yang dulu hilang, tenyata ketemu. Entah nyelip di antara buku-buku atau di bawah kolong tempat tidur. Akhirnya bisa dipakai atau dimanfaatkan kembali.

Masak Bersama

Nah, mumpung semuanya anggota keluarga kumpul, saatnya memasak bersama, lalu menikmati masakan bersama. Apalagi kalau sehari-harinya ayah ibu bekerja sampai sore, begitu anak-anak sekolah dan pulang sore. Saatnya waktu bersama keluarga. Termasuk camilan favorit anak.

Terus biar anak bersemangat memasak bersama, boleh sekali memasak makanan atau camilan kesukaan anak-anak. Memasak ini mengajarkan anak untuk melakukan pekerjaan tahap demi tahap. Jaid anak-anak diajari menikmati proses.

Sama dengan membersihkan rumah saat masak bersama, anak-anak diberikan tugas yang sesuai dan tida berbahaya. Misalnya membantu mencuci sayur, meminta bantuan mengambilkan bumbu masak dan sebagainya.

Pergi ke Perpustakaan

Biar anak-anak tidak bosan di rumah saja, bisa sekali mengajak anak-anak ke perpustakaan. Apalagi membaca sangat banyak manfaatnya. Sekarang ini perpustakaan sudah didesain keren dengan buku-buku yang lengkap. Anak-anak akan betah di sana. Bahkan ada ruangan khusus anak-anak.
Mengajak anak ke perpustakaan secara tidak langsung mengajari anak untuk rajin membaca juga. Dengan membaca wawasan akan luas, apalagi buku adalah jendela dunia.

Merawat Hewan Peliharaan

Jika di rumah ada hewan peliharaan, maka saat libur panjang seperti ini waktu memberi perawatan dan perhatian. Misalnya di rumah memelihara kucing, mungkin anak-anak bisa diajak untuk memandikan kucing, mengajari memotong kuku kucing, lalu mengajak berjalan-jalan di taman. Misalnya di rumah ada kolam ikan, maka anak bisa dilibatkan membantu menyikat lumut yang ada di kolam.




Berkebun

Mengajak anak berkebun sangat pas sekali mengisi libur panjang. Tidak perlu bingung kalau lahan terbatas. Sekarang berkebun bisa menggunakan media apa saja. Mulai dari kaleng bekas biskuit, ember plastik, sampai dengan polybag.

Dari berkebun, anak-anak mendapat pelajaran juga, bagaimana proses menanam. Orang tua bisa menjelaskan manfaat tanaman yang ditanam. Misalnya menanam sayur bayam yang banyak manfaatnya. Mulai dari menjaga kesehatan tang, emningkatkan kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, dan lainnya.

Jangan lupa anak juga diajarkan acara menarawat tanaman yang ditanamnya. Bisa sekali selanjutnya anak uga diajak merawatnya. Saat annti tanaman itu subur dan menghasilkan, maka akan ada kebahagiaan sendiri yang dirasakan anak.

Seru kan, berbagai aktivitas yang bisa dilakukan selama libur panjang. Jadi walau tidak liburan, anak-anak tidak akan bosan. Anak-anak dan orang tua semua senang.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Libur Panjang tapi Tidak Pergi LIburan? Apa yang Harus dilakukan?"

  1. Kalau anak tidak diajak berkegiatan saat liburan akhirnya ya HP teruuuus. Memang mereka wajib diajak untuk aktif berolahraga, bebersih, dan aktivitas lain. Tujuannya agar lebih sehat dan tidak monoton saat di rumah aja.

    ReplyDelete
  2. banyak aktifitas seru yang masih bisa dilakukan dirumah dan tetap menyenangkan. Semisal dengan memasak makanan lezat bersama yang jadi favorit atau sekedar kumpul kumpul bahagia di taman belakang rumah sambil BBQ an hehehe. Pokoknya ada makanan enak ya

    ReplyDelete
  3. Libur panjang kemarin, kami sekeluarga nggak pergi jalan jalan mas
    Rumah kebanjiran, alhasil hari libur digunakan untuk bersih-bersih rumah pasca banjir

    ReplyDelete
  4. Wah, banyak banget kegiatan seru buat diisi selama liburan panjang bersama anak-anak! Mulai dari berolahraga bersama, masak-masakan, sampai menjelajah perpustakaan. Pastinya bisa jadi momen berharga buat bonding keluarga dan menjadikan liburan tanpa bepergian tetap menyenangkan! 🌟✨

    ReplyDelete
  5. Kalau ponakan daku pas liburan sekolah ini malah kondisi fisiknya lagi kurang sehat, huhu. Jadinya belum bisa kelayapan deh. Walau memang pas juga sih deg²an semisal mau jalan² karena lokasi yang mau dikunjungi bagian dari jalurnya yang kampanye akbar kemarin hehe

    ReplyDelete
  6. Kemarin pas liburan panjang kami ga kemana2 sih, karena pada sakit dan sakitnya gantian, jadilah sisa liburan cuma 2 hari itu kita keluar aja makan di luar dan main ke mall, udah huhu.. padahal liburannya 2 minggu!

    ReplyDelete
  7. Ide baguuss banget, mas Bams.
    Karena libur panjang juga tetap bisa qtime dengan aktivitas yang menyenangkan dan pastinya bermanfaat.

    Kami kemarin membersihkan halaman dan mengurus Caramel, kucing di rumah yang memang timingnya di pas-in pas liburan. Jadi biar anak-anak ada kerjaan sekaligus bonding ama hewan peliharaan mereka.

    ReplyDelete
  8. Bener libur tanggal merah di tanggal 8 dan 10 februari kemarin jadi liburan panjang Karena ada hari kejepitnya dan pas banget weekend. Nah iya juga ya meski nggak ke mana-mana, anak-anak bisa tetap happy kalau diajak beraktivitas di rumah apalagi kalau berkebun dan merawat hewan peliharaan

    ReplyDelete
  9. Banyak hal ya bisa dilakukan di rumah dan seru-seru lagi kegiatannya. Eh iya, itu image-nya semua cakep banget, bikinnya gimana itu, Pak

    ReplyDelete
  10. Wah, aku suka nih liburan yang diisi dengan membersihkan rumah, apalagi decluttering barang-barang yang ada di rumah. Justru lebih berasa healing-nya, hhe

    ReplyDelete
  11. Iya nih pak. Anak anak belakangan gak aku ajak keluar rumah untuk liburan. Males aja. Ternyata banyak yang bisa dilakukan di dalam rumah. Ikut bersih bersih rumah dan berkebun contohnya. Alhamdulillah anak anak suka aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.