} 5 Ucapan yang Wajib Diajarkan Sejak Anak-Anak - Rumah Kurcaci Pos

5 Ucapan yang Wajib Diajarkan Sejak Anak-Anak

Dalam masa tumbuh kembang, anak-anak tidak Hanya diajari keterampilan dan motorik lainnya, tapi juga ucapan-ucapan dasar yang bermanfaat, dan nantinya akan dibawa terus Sampai dewasa. Nah, kenapa 5 ucapan ini harus diajarkan kepada anak sejak kecil. Berikut beberapa alasannya. 



Menghargai Orang lain

Menghargai orang lain itu sangat penting sekali. Dengan menerapkan 5 ucapan ini, maka anak-anak diajarkan untuk mengajari anak untuk lebih menghargai orang lain, karena telah menerima bantuan dari orang lain.

Rendah Hati

5 ucapan ini mengajarkan juga kepada anak untuk rendah hati atau tidak sombong. Nantinya anak-anak tidak akan menyepelekan bantuan dari orang lain.

Tidak Seenaknya melakukan Sesuatu

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya tidak boleh melakukan suatu hal sesuka hati juga. Nah, 5 ucapan ini membuat anak ada batasannya juga. Ini karena setiap tindakan menunggu dulu persetujuan orang lain atau bantuan orang lain.

5 Ucapan Dasar yang Harus Diajarkan Sejak Anak-Anak

Mau tahu apa saja 5 ucapan dasar dan Ini memang harus diajarkan oleh orang tua atau orang-orang yang dekat dengan keseharian anak. Mulai dari orang tua, kakak, kakek, nenek, tante, om, bahkan tetangga terdekat juga bisa.



Terima Kasih

Ucapan terima kasih ini bisa mulai diterapkan oleh Orang tua memberikan sesuai  atau membantu melakukan sesuatu kepada anak. Orang tua bisa langsung mengajarkan pada anak. Misalnya : sudah dapat kue, bilang terima kasih. Nantinya akan terbiasa mengucapkan terima kasih. Tidak hanya pada orang rua, tapi juga kakak, guru, bahkan teman sebaya.

Terkadang ada anak saat diberikan atau ditolong sesuatu, setelahnya itu diam saja. Bisa jadi karena dia tidak terus diajarkan. Jadi akhirnya menganggap itu hal sepele. Kalau begini, lain waktu, orag akan malas untuk menolongnya.

Permisi

Permisi juga wajib diajarkan sejak dini. Saat ada orang tua sedang duduk  dan anak mau lewat, maka wajib permisi. Kata permisi pun akan diterapkan di luar rumah.  Misalnya saat lewat depan rumah orang, atau saat akan mengambil bola yang tidak sengaja masuk ke pekarangan orang.

Minta Maaf

Saat melalukan sesuatu yang kurang berkenan, maka anak diajarkan untuk mengucapkan minta maaf. Misalnya manarik rambut adik, merebut mainan teman, dan sebagainya. Tapi disertai juga ajaran, kalau hal ini tidak boleh dilakukan lagi di lain waktu. Bukan hanya sekadar ucapan minta maaf saja.

Sebaliknya saat orang tua tidak sengaja melakukan sesuatu,  bisa minta maaf juga. Jadi akan tertanam pada anak, kalau minta maaf itu sangat perlu. Jadi tidak harus anak yang minta maaf, tapi oran tua juga.

Jangan sampai minta maaf hanya menjadi tameng anak. Misalnya anak berbuat salah pada temannya. Tapi pikirnya, kalau sudah minta maaf, ya sudah kelar dna bisa berbuat salah lagi.

Minta Tolong

Manusia adalah mahkluk sosial yang pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Makanya sangat bagus mengajarkan ucapan minta tolong kepada anak saat membutuhkan bantuan. Misal anak ingin mengambil mainan di rak yang tidak bisa dijangkau, maka kita tidak usah langsung mengambilkan mainan tersebut, tapi bisa mengajarkan minta tolong.

Apa Boleh?

Ucapan apa boleh mengajarkan anak minta izin dulu sebelum melakukan sesuatu. Jadi anak dilatih untuk tidak langsung melakukan sesuatu tanpa mendapat persetujuan.

Sama nantinya saat anak bergaul dengan temannya. Saat melihat mainan bagus temannya, si anak tidak langsung memainkan mainan itu. Tapi mina izin dulu pada temannya. Misalnya, apa boleh aku pinjam mainanmu? Pinjam mainanmu apa boleh?

Itu dia 5 ucapan dasar yang wajib diajarkan sejak anak-anak. Insya Allah nantinya akan sangat bermanfaat bagi anak-anak, dan akan dibawa terus sampai kapanpun karena termasuk etika dan sopan santun.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "5 Ucapan yang Wajib Diajarkan Sejak Anak-Anak"

  1. Jujur, kata-kata itu basic banget, tapi punya impact yang sangat besar untuk anak-anak. Mereka jadi lebih bisa menghargai orang lain di sekitarnya. Keliatan sepele, padahal penting sekali untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  2. Di saat anak-anak terbiasa mengucapkan 5 ucapan baik maka mereka bisa belajar rendah hati, menghargai orang lain, dan tidak seenaknya melakukan sesuatu. Harus dibiasakan sejak dini supaya lebih mudah dipraktikkannya, ya ...

    ReplyDelete
  3. Adab atau etika itu memang harus diajarkan semenjak dini, ya, Mas. Agar anak-anak dapat tumbuh dengan dihiasi kata-kata dan ucapan yang beretika, seperti mengucapkan maaf dan terima kasih yang kini sudah mulai pudar di sebagian anak-anak.

    ReplyDelete
  4. persis itu yang sering ibu saya ajarkan kepada saya dan saudara saya kak, dan sedari kecil dikasih pemahaman soal ini memang bakal banget sampai besar ke bawa, dan karena kita sopan ke orang lain, jadi saya ga nyaman kalau ada orang yang ga sopan sama kita, salah satunya kayak pakai barang kita ga izin gitu

    ReplyDelete
  5. bener tuh, hal hal tersebut mungkin terlihat sepele ya, tapi kalau anak nggak diajarin gitu dia nggak akan tahu namanya sopan santun. terus empatinya juga kurang sama orang lain.

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, beneran Pak Bambang. Ucapan ini beneran wajib diajakan pada anak sejak usia dini. Jadi sejak kecil anak jadi terbiasa nanti untuk punya karakter yang positif. Dan ini pasti akan berpengaruh pada masa depannya juga kelak. Menjadi orang dewasa yang bijaksana dan mampu menghargai orang lain.

    ReplyDelete
  7. Hal kecil yang kadang dianggap remeh, padahal sangat penting untuk anak, selain mengajarkan tentang sopan santun, hal kecil ini untuk membangun adab dan akhlak pada anak

    ReplyDelete
  8. Ucapan-ucapan di atas memang perlu sejak dini diajarkan dan diterapkan, walau mungkin ada yang menganggapnya receh atau belum perlu.

    Dengan memberikan teladan juga kepada si kecil, ketika mereka dewasa nanti menjadi kebiasaan baik.

    ReplyDelete
  9. Ingin sekali memiliki anak yang santun.
    Karena itu sebaiknya sejak kecil diajarkan dengan cara mencontohkan kalimat serta perbuatan yang sesuai dengan kebaikannya, seperti maaf, tolong, terimakasih dan ditambah permisi dan bolehkah.

    Terimakasih, mas Bams.

    ReplyDelete
  10. Benar sekali pak. Bahasa sederhana seperi minta maaf dan tolong itu kayaknya wajib harus diajarkan ke anak anak. Karena bisa kebawa sampai dewasa nanti. Bahasa sopan lainnya juga gak kalah penting

    ReplyDelete
  11. Setuju nih, 5 ucapan dasar yg wajib diajarin sama anak, biar lebih santun.

    ReplyDelete
  12. Iya, betul sekali! Mengajarkan anak-anak untuk menggunakan ucapan-ucapan seperti terima kasih, permisi, minta maaf, minta tolong, dan apa boleh sangat penting untuk membentuk karakter dan etika mereka sejak dini. Dengan demikian, mereka akan tumbuh menjadi individu yang sopan, peduli, dan bertanggung jawab dalam interaksi sosial mereka. Makasih kak udah sharing!🌟👍

    ReplyDelete
  13. Membiasakan anak untuk mengucapkan kata kata di atas memang tidak instan, butuh waktu dan ketelatenan orang tua...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.