} Saat Anak Ingin Memelihara Hewan - Rumah Kurcaci Pos

Saat Anak Ingin Memelihara Hewan

Memelihara hewan banyak dilakukan oleh anak-anak di rumah. Baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Apalagi beragam hewan bisa dipelihara anak-anak. Hewan darat, air, dan udara bisa jadi pilihan. Tapi apakah orang tua selalu mengizinkan saat anak minta izin memelihara hewan?



Manfaat Memelihara Hewan

Memelihara hewan itu ternyata banyak manfaat. Dari sebuah studi penelitian, binatang peliharaan memberi dampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Seperi meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan sosial hingga  perkembangan kognitifnya.

 Memelihara hewan juga membuat anak lebih menyayangi mahluk hidup. Selain itu, anak juga mempunyai tanggung jawab atas hewan yang dipeliharanya. Pasti ada berbagai kewajiban yang harus anak lakukan agar binatang peliharannya tetap sehat.

Saat Anak akan Memelihara Hewan

Saat anak meminta untuk memelihara hewan, maka orang tua hrus bersikap bijak juga. Tidak langsung membolehkan atau melarang.  Maka perhatikan beberapa hal berikut :



Keinginan Memelihara Hewan

Pertama, tanyakan dulu keinginan memelihara hewan dulu kepada anak. Apakah keinginan sendiri atau Cuma ikut-ikutan teman saja. Karena dari keinginan ini, maka akan berdampak juga sata anak mulai memelihara hewan.

Kalau keinginan sendiri, maka ini bagus. Biasanya keinginan memlihara hewan, karena nak memang suka pada hewna tersbeut. Misalnya si anak suka kucing. Dari hanya sekdar melihat, ingin mengelus, sampai akhirnya ingin mempunyaihewan peliharaan sendiri.

Sebaliknya kalau hanya ikut-ikutan saja, maka biasanya nanti anak cepat bosan. Namamya jyga anak-anak, selalu ada keinginan sama dnegan milik  teman lain. Akhirnya memelihar hean diserahkan pada ornag tua. 

Hewan yang akan dipelihara

Harus diperhatikan juga hewan yang dipelihara anak itu aman bagi anak atau tidak berbaya bagi anak. Misalnya ada anak yang ngotot ingin memeliha landak mini. Pastinya orang rua harus memperhatikan juga duri-duri landak yang rawan bagi anak. Atau anak ingin memelihara kucing padahal dia ada asma.

Kemampuan anak memelihara hewan itu

Saat anak minta memelihara hewan, orang tua harus tau juga kemampuan anak saat memelihara hewan itu nanti. Misalnya si anak minta memelihara ikan mas, mungkin anak masih bisa meluangkan waktu membersihkan aquarium kecil, termasuk memberi makan.

Nah, kalau anak minta hewan peliharaan iguana kan, pastinya belum mampu untuk mengurus sendiri. Adanya hewan peliharaan itu malah diterlantarkan. 

Tersedia Tempat Memelihara Hewan

Hal yang tidak ketinggalan saat anak ingin memelihara bintang adalah apakah tersedia tau bisa menyedia tempat memelihara hewannya. Karena sebagian besar, hewan peliharan itu di kandang atau di kolam.

Kemudian setelah itu dipikirkan juga, di mana akan memelihara hewannya. Misalnya ingin memelihara ayam yang menyediakan halaman untuk kandangnya. Atau menyediakan tempat membuat kandang burung dara.

Hewan peliharaan tidak menganggu

Selanjutnya saat anak minta memelihara hewan, perhatikan apakah hewan itu tidak menganggu atau ada anggota keluarga yang tidak cocok dengan hewan itu. Misalnya, anak ingin memelihara kucing. Padahal ada nenek yang alergi dengan bulu kucing, atau kakak yang kebetulan asma. Bahkan ada yang geli dan takut pada kucing. Atau bahan orang tua sendiri yang bermasalah dengan kucing. Jadi Jangan sampai alih-alih ingin mengikuti keinginan anak, malah ada masalah baru.

Harus persetujuan semua anggota keluarga

Karena hewan yang dipelihara itu akan berada di area rumah dalam jangka waktu lama, maka harus sesuai persetujuan semua anggota keluarga. Biar semua senang.

Terkadang memang ada kakak adik yang suka ada satu hewan. Tapi banyak juga yang tidak. Misalnya si kakak ingin memelihara kucing, si adik ingin memelihara marmut. Akhirnya terjadi perdebatan.

Kalau keduanya diluluskan, maka pasti rumah akan ramai, tapi kalau salah satunya saja, maka bisa saling iri. akhirnya tidak diluluskan keinginannya, dia bisa mengusili hewan peliharaan saudaranya. Orang tua juga dianggap tidak adil.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Anak Ingin Memelihara Hewan"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.