} Saat Anak Ingin Ikut Bimbingan Belajar Online - Rumah Kurcaci Pos

Saat Anak Ingin Ikut Bimbingan Belajar Online

Setiap orang tua, pasti ingin nilai pelajaran sekolah anaknya bagus. Tapi tidak semua anak bisa menangkap materi pelajaran dengan cepat yang diajarkan di sekolah. Ini disebabkan kemampuan anak yang berbeda. Bisa juga anak kurang menyukai pelajaran itu. Jadi harus dilakukan cara ektra agar nilai pelajara  anak bagus.



Nah salah satu caranya adalah dengan mengikutkan anak bimbingan belajar atau bimbel. Bimbangan belajar adalah suatu proses pemberian bimbingan dari pembimbing kepad siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan mengembangkan keterampilan serta kebiasaan  belajar agar mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Bimbingan belajar juga bisa diartikan, pelajaran tambahan untuk anak di luar jam sekolah. Waktunya tentu saja bisa disesuaikan dengan aktivitas anak lainnya.

Manfaat Bimbingan Belajar

Ikut bimbel sudah pasti banyak manfaatnya. Pertama, masalah belajar anak bisa terselesaikan. Anak-anak bisa lebih semangat belajar, sehingga nilai pelajaran dicapai sesuai harapan. 

Selain itu, bimbingan belajar juga membantu atau meringankan tugas orang tua mengatasi belajar anak di rumah. Apalagi zaman sekarang kan, pelajaran anak sekolah susah, dan tidak semua orang tua menguasai. Pokoknya pelajaran anak sekarang lebih sulit dari pelajaran anak sekolah dulu hehehe.

Ikut bimbingan belajar membuat agak lebih maksimal belajar. Biasanya, anak-anak kalau diajari belajar orang tua, banyak yang kurang serius. Ada saja tingkah dan alasannya yang bikin orang tua  tinggi tegangannya hehehe. Sebaliknya kalau diajar dengan orang lain, anak-anak malah lebih fokus dan serius.

Bimbingan Zaman Dulu

Zaman dulu, bimbingan belajar itu dilakukan atau dilaksanakan secara offline. Sesuai pengalaman saya ikut bimbel, saya harus mendatangi tempat bimbel. Jaraknya lumayan dari rumah saya. Makanya butuh waktu dan tenaga juga untuk sampai ke sana. 

Bimbel yanga saya ikuti itu diadakan 2 minggu sekali, setiap hari senin dan kamis. Pastinya saya harus menyesuaikan dengan waktu belajar saya di sekolah, termasuk waktu bermain bersama teman-teman. Sudah pasti ini membutuhkan energi yang banyak hehehe.

Makanya saya sering kelelahan juga, Apalagi harus bimbel setelah pulang sekolah. Setahu saya, tidak ada bimbel zaman dulu yang diadakan di hari minggu. Belum lagi kalau cuaca panas atau hujan. Makanya pulang bimbel, saya sering langsung rebahan, dan terkadang malamnya mengantuk saat belajar.

Bimbingan Belajar Online

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dan manfaat diberbagai aktivitas. Termasu bimbingan belajar yang sekarang dilaksanakan secara online. Pastinya banyak sekali keuntungan yang didapatkan anak saat mengikuti bimbingan belajar yang dilaksanakan secara online ini.



Lebih Efisien

Bimbel online membuat segalanya lebih efisien, baik waktu dan tenaga. Pulang sekolah, tidak perlu terburu-buru ke tempat bimbel lagi. Bisa istirahat sebentar sebelum ikut bimbingan belajar online

Bisa diikuti dari Mana Saja

Dulu itu bimbel yang keren dan terpercaya, lebih banyak berada di kota-kota besar. Jadi yang rumahnya jauh atau tinggal di kota itu. Yang luar daerah, jelas tidak bisa ikut. Tapi sekarang tinggal di mana saja bisa mengikuti bimbingan online yang diminatinya

Lebih Aman dan Hemat

Orang tua pasti was-was kalau anak belum pulang dari bimbel. Apalagi kalau bimbelnya sore dan pulangnya menjelang magrib. Apalagi orang tua tidak bis mejemput. 

Tapi kalau bimbel online, orang tua tidak khawatir lagi. Kemudian malah lebih hemat, tidak perlu keluar  ongkos transport dan uang jajan.Orang tua juga tidak perlu antar dan jemput anak ke bimbel. Apalagi bagi orang tua yang bekerja. 

Lebih Mudah Diawasi

Orang tua bisa mengawasi anak saat ikut bimbingan belajar secara online. Jadi saat anak kurang semangat, orang tua bisa langsung bertindak. Soalnya pengalaman saya dulu, banyak teman yang izin pergi bimbel, ternyata malah mampir ke tempat lain. 


Tips Memilih Bimbingan Belajar Online

Saat ini, banyak sekali hadir bimbingan belajar online. Pastinya semua menawarkan yang terbaik. Orang tua pun berhak memilihkan bimbingan belajar yang terbaik untuk anaknya sebagai cinta kasih orang tua kepada anak.



Bimbel yang Terpercaya

Pertama orang tua memilihkan bimbel online yang sudah terpercaya. Biasanya bimbel ini sudah berdiri cukup lama. Kemudian diawali juga dengan bimbingan secara offline. Lalu seiring waku menyesuaikan dengan menghadirkan bimbingan oline.

Bimbel yang keren itu mempunyai kantor dan tempat belajar yang jelas. Cabang sudah ada di mana-mana. Pastinya mempunya kredibilitas yang baik.

Sesuai dengan Kebutuhan Anak

Pertama orang tua harus memilihkan bimbingan belajar online sesuai kebutuhan anak. Misalnya anak lemah dipelajaran Matematika, maka pilih bimbingan belajar matemarika. Misalnya Bimbel sinotif yang sudah sejak tahun 2000 dan sinotif berfokus pada pelajaran matematika fisika dan kimia.

Metode Belajar

Walau dilaksanakan secara online, tapi pilih metofe belajar bimbel yang aktraktif, jadi seperti berada di dalam kelas. Tidak hanya sekadar pemaparan materi lewat gambar dan video , tapi live interaktif. Anak bisa bertanya langsung satu arah pada guru pembimbing. Jadi serasa belajar di dalam kelas.

Nah, itu dia cerita bimbingan online untuk anak. Pastinya kehadiran bimbel zaman now sangat banyak manfaatnya. Yuk, ikut bimbingan belajar online.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Saat Anak Ingin Ikut Bimbingan Belajar Online"

  1. Aku juga lagi nyari2 bimbingan belajar online buat anakku tapii ngaji ajaa hiehehe bukan belajar mata pelajaran umum >.< karena di sini jauh dari masjid

    ReplyDelete
  2. Sepertinya aku akan mempertimbangkan opsi ini ketika anak-anakku udah besar nanti. Hemat juga ya nggak usah antar jemput heehehe

    ReplyDelete
  3. Anak-anak perlu juga dapat tambahan bimbingan belajar guna memantapkan pengetahuan dan keilmuannya. Sehingga saat nanti menghadapi ujian sekolah udah gak kaget, tapi malah siap materi dan juga mentalnya

    ReplyDelete
  4. Kagum banget sama anak genzi yang sangat bisa tekun dengan belajar online. Karena adaptasi saat masa pandemi juga mungkin yaa.. Dan metode pembelajaran menggunakan visual ((biasanya disediakan materi berupa video)), ini juga memang genzi banget. Jadi gak pake awangan lagi, uda ada visual yang konkrit sehingga mudah dipahami pelajar saat memahami suatu materi, terutama sains dan mtk.

    ReplyDelete
  5. Enak ya jaman sekarang bisa ikut les online. Dulu saya juga ikut les, jaraknya jauh dari rumah. Butuh waktu dan tenaga juga semangat untuk berangkat. Apalagi kalo hujan deras, wah, bikin bete.

    ReplyDelete
  6. Kayaknya kalau anakku dah besar, dan mau ikutan bimbel, aku saranin ikut bimbel online aja gini. Lebih praktis dan hemat.

    ReplyDelete
  7. Sekarang ini serba mudah ya
    Mau ikutan bimbel bisa dari rumah
    Bisa ikutan bimbel online

    ReplyDelete
  8. Setuju banget pak, bimbingan belajar itu membantu Untuk meringankan tugas orang tua dalam membantu anak belajar mengingat pelajaran zaman sekarang tuh emang beda sama zaman dulu. Nah aku juga setuju kalau misalkan dunia belajar online itu lebih hemat dan lebih mudah untuk orang tua mengawasi

    ReplyDelete
  9. Saya dulu mulai kelas 5 deh kayaknya dikirim ke bimbingan belajar oleh bapak. Setiap hari Sabtu sore, tempatnya sih lumayan jauh, mentornya juga agak kurang sabar, jadi sempat keluar juga. hehe...Tapi waktu persiapan ujian nasional baru ikutan lagi. Penting sih ikutan bimbel ini. (April)

    ReplyDelete
  10. Bimbel zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang ya, Pak. Sekarang kalau mau bimbel gak harus datang ke tempatnya, tapi bisa dilakukan secara online. Bisa lebih praktis

    ReplyDelete
  11. wah sekarang jadi makin mudah dan praktis buat menuntut ilmu, bisa dari mana saja dan kapan saja ya

    ReplyDelete
  12. Bimbel online ternyata sekarang sudah banyak juga yang kualitasnya bagus. Aku sempet kepikiran sih sebelum masuk TK mau ngelesin online aja.. Bisa jd referensi nih, thanks infonya oa

    ReplyDelete
  13. Wah, bener banget nih, Mbak! Bimbingan belajar online emang jadi pilihan keren buat anak-anak zaman now. Gak cuma efisien dan hemat tenaga, tapi juga lebih aman dan bisa disesuaiin sama jadwal anak. Gak sabar buat kasih tau adek aku tentang ini, pasti bakal bantu dia banget nih! 🚀📚

    ReplyDelete
  14. Benar banget nih Pak, bimbingan belajar dulu dan sekarang tuh jauh berbeda, sekarang lebih praktis dan beragam, hemat pula karena anak gak perlu ke tempat bimbelnya, mayan juga tuh ya ngurangin biaya transport, belum lagi kalau harus diantar jemput gitu. Anakku pengen saya ikutkan bimbel Matematika nih.

    ReplyDelete
  15. Kehadiran bimbel online emang sangat membantu banget, anakku yg masih SD kalau lea offline kan harus antar jemput, dengan adanya bimbel online, dia tetep bisa belajar dari rumah aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.