} Fasilitas Umum Harus Dijaga - Rumah Kurcaci Pos

Fasilitas Umum Harus Dijaga

Setiap hari, kita menggunakan fasilitas umum. Di lingkungan rumah, sekolah atau tempat-tempat  keramaian. Kita sangat membutuhkan fasilitas umum, karena membantu aktivitas kita sehari-hari. Akan tetapi, apakah kita sudah mempergunakan dan menjaga fasilitas umum dengan baik? 



Arti Fasilitas Umum

Fasilitas umum adalah suatu sarana atau tempat yang dibangun untuk dipergunakan secara bersama-sama. Jadi siapa saja boleh mempergunakan fasilitas umum itu. 

Pembangunan fasilitas umum itu tidak boleh sembarangan. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, pemilihan lokasi yang tepat dan tentu saja harus mempunyai  fungsi dan tujuan yang jelas.

Misalnya saja pembangunan jembatan penyeberangan. Karena Setiap tahun jumlah kendaraan bermotor semakin banyak, sedangkan pembangunan jalan tidak dilakukan maka menyebabkan kita semakin sulit menyeberang jalan. 



Untuk mengatasi masalah itu, maka dibangunlah jembatan penyeberangan. Fungsinya agar kita bisa menyebrang jalan dengan aman tanpa menganggu kelancaran arus lalu lintas kendaraan. Tujuannya adalah agar kita terhindar dari kecelakaan.

Kebutuhan masyarakat juga mempengaruhi banyak atau sedikitnya dibangun fasilitas umum. Tentu saja, kita yang tinggal di kota, lebih banyak membutuhkan fasilitas umum, dibandingkan orang yang tinggal di desa.


Macamnya Fasiltas Umum

Fasilitas umum itu ada yang gratis dan bebas kita lakukan kapan saja. Misalnya taman kota, jembatan penyebarangan atau trotoar jalan. Biasanya fasilitas umum ini dibangun oleh pemerintah daerah tempat kita tinggal.

Tapi ada juga faslitas umum yang harus bayar, bila kita akan menggunakannya. Namun bayarnya tidak mahal. Contohnya WC atau Toilet umum, kerena dibangun oleh perusahaan swasta.

Ada juga fasilitas umum yang bersifat khusus. Misalnya tempat ibadah. Hanya orang yang memeluk agama tertentu yang bisa menggunakan tempat ibadah itu. Kita yang beragama islam boleh mempergunakan mesjid untuk ibadah. Begitupun yang beragama kristen boleh mempergunakan gereja untuk kebaktian.

Ada lagi fasiltas umum yang pengunaannya dibatasi oleh waktu. Misalnya perpustakaan umum. Kita boleh pergi keperpustakaan selama waktu buka yang sudah ditentukan.


Disalahgunakan 

Faslitas umum itu sangat membantu hidup kita. Kita bisa menyeberang jalan dengan aman, di halte bus, kita nyaman menunggu bus atau berteduh saat hujan. Kita juga bisa bermain bersama teman-teman di taman. 



Akan tetapi, sungguh disayangkan. Banyak orang yang menyalahgunakan fasilitas umum itu. Lihat saja, banyak orang yang menggunakan jembatan penyebrangan untuk berjualan. Sering kali terjadi pencopetan atau penjambretan. Akhirnya orang takut dan tidak mau lagi menggunakan jembatan penyeberangan. Kalau sudah begini, jembatan penyeberangan tidak berfungsi dengan baik.

Coba tengok buku-buku yang ada di perpustakaan. Banyak sekali buku-buku yang disobek oleh tangan-tangan jahil. Padahal masih banyak teman-teman lain yang akan membaca buku itu. 

Padahal banyak sekali fasilitas umum yang dibangun, sebagian besar biaya dari pajak yang Ayah atau Ibu kita bayar. Kalau sudah begini, siapa yang rugi? Kita sendiri kan?

Ayo, Kita Jaga Fasilitas Umum! 

Hal pertama yang kita harus lakukan adalah menanamkan kesadaran pada diri kita sendiri, tentang betapa pentingnya fasilitas umum itu. Kalau kesadaran sudah ada dihati kita, dengan sendirinya kita akan memahami fungsi dari fasilitas umum itu.

Yang kedua, tentu saja dengan menggunakan fasilitas umum sesuai fungsinya dan tidak merusak faslitas umum yang ada.

Ketiga mencoba mengingatkan orang lain. Bila kamu melihat temanmu mencoret halte, atau adikmu merobek buku di perpustakaan, tidak ada salahnya kamu menegurnya. Bisa juga kamu minta tolaong pada Ayah, Ibu , Kakak atau orang yang lebih tua dari kamu.

Intinya. Kita harus menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Sekarang, ayo kita jaga fasilitas umum!

Bambang Irwanto


                                                                               

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fasilitas Umum Harus Dijaga"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.