} Momen-Momen yang Ditunggu Anak Menjelang Lebaran - Rumah Kurcaci Pos

Momen-Momen yang Ditunggu Anak Menjelang Lebaran

Setiap menjelang lebaran, ada beberapa momen yang ditunggu anak-anak. Pastinya momen-momen ini mambawa kebahagian dan kegembiraan bagi anak-anak. Apalagi memang hadirnya hanya setahun sekali. Setelah momen-momen indah selama Ramadan, lanjut momen-moen indah menjelang lebaran.




Nah, apa saja ya, yang ditunggu anak-anak menjelang lebaran? Pastinya para orang tua juga pernah mengalaminya, termasuk saya hehehe.

Libur Sekolah 

Momen pertama yang ditunggu anak menjelang lebaran itu adalah libur sekolah. Sejak zaman saya sekolah, pasti ada libur awal puasa sekitar 5 hari. Kemudian amsuk sekolah seperti biasa. Nah, seminggu menjelang lebaran, pasti sudah libur lagi. Anak-anak senang, karena setelah makan sahur, lalu salat subuh, maka bisa tidur lagi. 

Biasanya kan, saat sekolah, tetap harus bangun pagi lagi. Dan jangankan anak-anak, orang dewasa saja kadang ada keengganan. Kadang kepala pusing juga. Jujur sih, saya juga selama puasa kurang konsentrasi menyimak pelajaran di sekolah hehehe. Anak-anak tidak lagi memikirkan PR sekolah.



Nah, setelah libur menjelang lebaran, anak-anak bisa lebih santai dan nyaman menjalankan aktvitas. Termasuk tidak ada drama lagi saat makan sahur. Terus karena sudah libur, anak-anak akan lebih nyaman menjalankan ibadah puasa. Tidak ada drama lagi di siang hari sepulang sekolah. Misalnya, aduh hausnya, aduh panasnya, aduh capeknya hehehe. Kesehatan anak juga terjaga. Akhirnya bisa terus ikut tarawih juga.

Libur sekolah menjelang lebaran ini juga membuat anak-anak happy. Sebabnya akan ada waktu bersama dengan teman-teman dibandingkan kalau sekolah. Apalagi banyak permainan seru dan aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak secara bersama. Pastinya tidak mengurangi amal berpuasa.

Misalnya membuat membaca buku Sahabat Ramadan. Selain ceritanya seru, juga ada permainan dan prakarya yang bisa dibuat bersama. Akhirnya waktu berpuasa jadi tidak terasa.


Membeli Baju  Baru 

Momen selanjutnya yang ditunggu anak-anak menjelang lebaran adalah membeli baju baru.  Tapi biasanya ini juga menunggu kesempatan orang tua ada waktu luang, untuk bersama-sama pergi ke mall atau toko baju.



Bisa sih, membeli baju lebaran via online. Tapi lebih seru membeli baju lebaran impian anak-anak secara offline. Mereka bisa memilih baju lebaran impian sendiri. Kemudian orang tua bisa mengecek bahannya dan kesuaian warnanya. Dan paling penting, bajunya bisa dicoba dulu oleh anak. Jadi tidak takut kesempitan atau kelonggaran.

Tapi perlu diingat, orang tua juga harus sudah memperhatikan waktunya saat mengajak anak membeli baju lebaran. Dan itu bagusnya menjelang buka puasa. Ini untuk mencegah anak kelelahan dan akhirnya membatalkan puasanya.


Membuat Kue Kering

Momen selanjutnya yang ditunggu anak-anak menjelang lebaran adalah membuat kue kering bersama keluarga. Bisa dengan ibu, tante, atau nenek. Banyak anak-anak menyukai momen ini, walau memang membantu sesuai kemampuan. Dan tidak hanya disukai anak perempuan, tapi juga anak laki-lagi.



Banyak keseruan saat membuat kue kering. Mulai dari menuang tepung ke adonan, mengolesi kue dengan kuning telur, sampai membantu menyusun kue dalam toples. Apalagi kalau pas buka puasa dibolehkan mencicipi kue kering buatan. Wih, itu senang sekali.

Anak-anak juga secara tidak langsung dilatih banyak hal. Bagaimana anak-anak harus konsentrasi saat membantu, agar nantinya tidak salah. Misalnya tepat memasukkan margarine, atau hati-hati memecahkan telur.

Membersihkan Rumah

Bagi anak-anak yang tidak mudik pastinya banyak kegiatan seru menjelang lebaran yang bisa dilakukan. Salah satunya membersihkan rumah. Kalau rumah bersih, perabotan tertata apik, pasti akan semakin menyenangkan merayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah nanti.

Banyak yang bisa dibantu anak-anak. Pastinya harus sesuai dengan kemampuan mereka. Misalnya membantu itu mengelap toples yang sudah dicuci, membantu menjemur bantal sofa, atau membersihkah kandang kelinci hewan peliharaan.


Mudik Lebaran

Puncaknya momen yang ditunggu anak-anak menjelang lebaran adalah mudik. Tradisi ini memang membuat anak-anak senang. Apalagi sudah tidak covid, dan mudik lebaran sudah diperbolehkan pemerintah. Bisa nanti bertemu kakak nenek, om tante dah juga saudara-saudara,

Bagi yang orang tuanya sudah dapat cuti duluan, atau sudah bisa libur aktivitas utama, maka biasanya bisa mudik dulu. Apalagi kalau yang jauh kampung halamannya. Misalnya sehari-hari ayah berdagang. Maka bisa mudik lebaran dulu.

Atau terkadang juga, mudik lebaran duluan dulu bersama ibu. Nah, nanti kalau ayah sudah menyelesaikan tugas pekerjaannya dan sudah libur, baru menyusul mudik.

Tapi yang mendapatkan kesempatan seperti di atas, ada juga keuntungan saat mudik duluan. Misalnya tidak macet di jalan, atau suasana stasiun atau bandara belum terlalu sesak. Jadi tidka terlalu melelahkan.



Anak-anak juga akan mempunyai waktu lebih lama berkumpul bersama keluarga. Bisa menikmati banyak hal. Misalnya berkeliling kampung halaman atau berwisata di sekitar kampung halaman. Bahkan bisa lanjut liburan ke kota lain. Misalnya saya tinggal di Kebumen. Bisa ke Yogyakarta, Banjarnegara, Wonosobo, Cilacap, atau Purwokerto.

Nah, transportasi mudik pastinya sesuai dekat jauhnya tempat mudik masing-masing, ya. Kalau yang jauh, apalagi banyak transportasi. Mulai dari bus, kereta api, pesawat, sampai kapal laut.

Tidak kalah seru kalau mudik dengan kendaraan pribadi. Naik mobil saat mudik sangat asyik. Selama perjalanan banyak hal yang bisa dilihat. Kalau lelah, bisa berhenti juga.

Nah, itu dia momen-momen seru yang dinantikan anak menjelang lebaran datang. Pastinya akan banyak cerita-cerita seru. Selamat menunggu menjelang lebaran, ya…

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Momen-Momen yang Ditunggu Anak Menjelang Lebaran"

  1. Beneer. Pas dulu zaman sekolah aku paling nungguin momen begini kec mudiknya. Krn dulu saat msh di Aceh, malah ga pengen mudik ke sibolga kampung papa. Jauuuuuh dan hrs mobil hahahahah. Bagi anak kecil itu capek bgt ๐Ÿ˜„. Jadinya yg paling ditunggu pasti libur sekolah, kue kering, bayangin makanan mama. Paling di tunggu ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  2. Libur sekolah sama membeli baju baru ini yang paling ditunggu kalau mau lebaran. Pernah semangat juga buat bikin kue lebaran, tapi abis itu kapok karena capek banget ternyata bikinnya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  3. kalo adekku mah paling males diminta bantu bersih-bersih rumah. aku sebenernya suka masak-masakan gtu. tp, karena di rumah dari dulu nggak pernah bikin kue lebaran, selalu beli, jadi nggak pernah ngerasain juga bikin kue lebaran hehe

    ReplyDelete
  4. Masih inget dulu sewaktu sekolah, libur sebulan full saat bulan puasa. Jadi benar-benar bisa nyantai dan fokus puasa. Tapi sekarang liburnya lebih sedikit ya. Masih mending sih daripada nggak dapat libur sama sekali, hehehe....

    Tapi TPA di kampung libur full sebulan selama puasa Mase. Jadi mereka bisa istirahat di rumah siang hari. Pagi harinya tetap berangkat sekolah umum.

    Nah momen bikin kue ini paling ditunggu sama anak saya. Biasanya kalo udah mateng, udah nggak sabar icip-icip saat buka puasa. Apalagi si bungsu udah nungguin toples aje, hahahaha....

    Anak-anak saya nggak mudik, yang mudik ya saya ke kampung ngumpul bareng anak istri saat lebaran. Alhamdulillah masih bisa merasakan momen lebaran cuti di kampung ya.

    ReplyDelete
  5. Wah iya, lebaran jadi momen yang ditunggu oleh anak ya mas
    Apalagi saat mudik lebaran, bisa main sama saudara

    ReplyDelete
  6. Bikin nostalgia deh. Dulu pas kecil juga suka menunggu momen-momen seperti ini. Liburam sekolah trus berburu baju baru, bikin kue sama mama.

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat dulu kalau mau lebaran, awal-awal ramadhan dah bingung buat beli baju, ga tahu orang tua ada uang apa ga. Pokoknya kudu baju baru kalau lebaran. Paling ditunggu juga, buru-buru nunggu liburnya

    ReplyDelete
  8. bener banget Pak, ini tiap pagi kebanyakan drama mau berangkat sekolah, emaknya kudu sabar ga ngomel tapi gemes wkwkwk
    sudah ditagih buat cookies juga, semoga pas libur nanti masih bisa buat cookies

    ReplyDelete
  9. kalau dari pengalaman diriku dulu jaman sekolah dan masih anak anak, libur lebaran artinya bangun lebih siang dan bisa nonton kartun sepuasnya dan mempersiapkan diri untuk berkunjung kerumah orang orang hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalo aku sih selain baju baru, yg pasti ditunggu tuh angpaonya. Biasanya sih ada keluarga yg ngasih duluan sblm lebaran. Tp emg lbh bnyk yg ngasih pas lebarannya sih. Pas dtg berkunjung gt.

    Ah jd kangen masa kecil lagi deh kalo kyk gini. Skrg gantian hrs ngasih angpao ke ponakan dan saudara2 lain yg msh kecil. Haha. Imbal balik lah ya.

    ReplyDelete
  11. Momen-momen jelang hari raya begini memang suasananya berbeda sekali, ya, Mas Bams. Apalagi buat anak-anak yang kenangannya akan membekas hingga dewasa nanti.

    ReplyDelete
  12. Sama nih pak dulu waktu saya masih bocil juga momen yang paling ditunggu adalah mudik, liburan, bikin kue kering yang lebih seringnya ngerush sih haha

    ReplyDelete
  13. Asliii gak terasa banget bentar lagi lebaran lagii, dan semua yang ditulis di artikel ini saya setuju kalau semua moment ini saat bikin bahagia gak cuma anak-anak sih bahkan orang dewasa, tapi yang jarang saya lakukan adalah mudik hahaha, soalnya aku tingal di kampung halaman.

    ReplyDelete
  14. betul banget kak, sepertinya momen ini masih terjadi untuk beberapa wilayah termasuk di lingkungan saya, terutama momen membeli baju lebaran dan tambahan kak dapat THR buat anak-anak

    ReplyDelete
  15. Bener banget pak Bambang keponakan saya juga tuh paling senang banget karena udah libur lebaran, terus beli baju lebaran, dan yang paling dia tunggu itu adalah mudik lebaran karena bisa pulang kampung ketemu kakeknya

    ReplyDelete
  16. Buat anak-anak, Ramadan jadi momen yang menyenangkan ya...
    Karena liburannya beneran panjaaang banget. Dan ada adventure yang bakal mereka lakukan yakni mudik. Ngemil sambil main sama sepupu di rumah nenek kakek ini juga menyenangkan.

    Belum lagi dapet hadiah amplop uang THR dari keluarga.
    Aiih~
    Makin seneng.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.