} Tips Agar Anak-Anak Ceria Selama Berpuasa Ramadan - Rumah Kurcaci Pos

Tips Agar Anak-Anak Ceria Selama Berpuasa Ramadan

Alhamdulillah Ramadan telah datang. Bulan suci yang dinanti-nanti banyak orang. Tua, muda, orang tua, sampai anak-ana. Semua menyambut bulan Ramadan dengan gembira. Apalagi banyak momen-momen seru selama Ramadan.




Bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa, pasti ada dramanya juga, ya.  Namanya masih proses dan belum terbiasa. Dari drama lucu sampai bikin sedikit jengkel. Jadi tugas orang tua untuk membantu mengatasi segalanya.

Susah Bangun Sahur

Hampir semua anak mengalami susahnya bangun sahur, termasuk saya. Ya,iya. Lagi enak-enaknya tidur dan mimpi indah, malah dibangunkan. Kepala masih pusing juga hehehe. Makanya anak-anak suka lama kalau dibangukan. Pakai drama marah-marah pula.



Makanya harus ada waktu ekstra saat membangunkan anak-anak makan sahur. Tidak boleh serba cepat dan dadakan, karena nanti anak-anak kaget. Misalnya waktu sahur di rumah pukul 4 subuh. Maka dari pukul 3 dini hari, anak-anak sudah harus dibangunkan.

Apalagi kan, begitu bangun tidak langsung makan sahur. Duduk sebentar dulu. Tapi harus diawasi juga, jangan sampai tidur lagi hahaha. Setelah itu baru cuci muka, dilanjutkan makan sahur.

Tapi terkadang drama masih berlanjut saat makan sahur. Masih banyak anak-anak yang terkantuk-kantuk di meja makan. Makanya Orang tua harus terus memberi semangat untuk bergegas makan sahur, agar tidak keburu imsak, dan nanti saat berpuasa bisa kuat.

Drama Saat Berpuasa

Drama berlanjut saat anak-anak mulai menjalan puasa. Bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa pasti akan banyak bertanya kayak tamu hahaha. Misalnya, Bu, tadi jariku menyentuh bibir. Apa boleh? Tadi pas wudhu, ada air ketelan sedikit? Sampai bolak-balik bertanya, kapan buka puasa hahaha.

Dukungan Orang Tua Selama Anak Berpuasa

Tapi namanya anak-anak, semua adalah proses.  Jadi sebagai orang tua memang harus membantu selama anak berpuasa. Dan berikut dukungan dari ornag tua, agar anak sukses menjalankan ibadah puasa.



Menjelaskan apa yang ditanyakan anak 

Orang tua sebaiknya langsung menjelaskan apa yang ditanyakan oelh anak seputar puasa. Apa saja yang boelh dilakukan, dan tidka boleh dilakukan selama berpuasa. Jadi anak-anak segera mengerti, dan menjadi tenang. Soalnya terkadang sesama teman ada yang saling menggoda. Misalnya, Ih, kamu tadi ngupil ya? Puasanyamu batal, tuh!”

Terus Memberi Semangat

Anak-anak yang baru belajar puasa, pasti akan bolak-balik bertanya kapan buka puasa. Jadi ornag tua tinggal menyesuaikan saja tahapan berpuasa sesuai usianya. Sesuai pengalaman saya dan diterapkan pada krucil, ada 3 tahapan puasa anak-anak. 

Pertama anak hanya berpuasa setengah hari saja. Saat pukul 12 siang, sudah boleh berbuka, dan tidak lanjut berpuasa lagi. Tahap kedua, anak berpuasa setengah hari. Kemudian boleh berbuka pukul 12 siang, terus lanjut berpuasa sampai magrib. Tahap ketiga, anak-anak berpuasa sehari penuh. 

Mengajak melakukan Aktivitas

Biar anak-anak tidak jenuh dan merasa lama selama berpuasa, sebaiknya orang tua memag mengajak anak-anak melakukan aktivitas yang seru, menyenangkan, juga bermanfaat. Dan ini bisa dilakukan saat sepulang sekolah. Mulai ikut tadarrusan, membaca buku bersama, atau membuat takjil berbuka puasa.


Buku Sahabat Ramadhan 

Nah, ada buku seru nih Cerita Ramadhan yang pas sekali menemani anak-anak selama berpuasa. Selain menghibur, anak-anak juga mendapatkan pesan moral yang bagus. Anak-anak juga diajak kreatif. 



Buku ini ditulis oleh Pak Endang Firdaus dan Bambang Irwanto. Diterbitkan oleh penerbit Kiddo, denga tebal halaman 155 halaman dan merupakan cetakan kedua. Bukunya sudah hadir di toko buku mulai hari Rabu, 13 Maret 2024. 

Terus apa saja ya, yang ada di buku Cerita Ramadhan ini. 

31 Cerita Islami Seru

Dalam buku Cerita Ramadahn, ada 31 cerita islami anak-anak. Tokoh utama adalah  Ian dan dan Ayu, kakaknya Pastinya ada juga teman-teman mereka. Jadi ceritanya semakin seru.



Ceritanya, dimulai dari malam pertama Ramadhan. Bagaimana Ian dan teman-teman bersemangat pergi ke masjid untuk salat isya, terus salat tarawih bersama. Bagaimana ya, salat tarawih pertama mereka?

Kemudian cerita-cerita saat Ian dan teman-teman menjalankan ibadah puasa. Misalnya saat Ian kok toba-tiba senyum-senyum sendiri. Ada juga mengunjungi guru yang sakit, sampai Ian mendapat bonus es buah. Kok bisa, ya? Termasuk cerita tentang harus memberikan sesuatu yang terbaik.

Terakhir ceritanya saat Ian dan teman-teman berlebaran. Pastinya mereka saling mengunjungi, ya. Apa Ian dapat angpao lebaran juga, ya. Nah, cerita lengapnya bisa dibaca di buku Sahabat Ramadhan. Semua cerita seru dengan pesan moral.

Kumpulan ayat Al Qur’an dan hadits

Biar lebih lengkap, setiap cerita diselipin ayat suci Al Qur’an atau hadits yang berkaitan dengan isi cerita, lho. Jadi pemahaman anak-anak semakin bertambah. Misalnya cerita Ian dan teman-teman menjenguk guru yang sakit. Nah, ada hadits yang berkaitan betapa pentingnya menjenguk orang sakit.

Games-Games Seru

Ada juga lembaran-lembaran permainan seru yang akan mengasah otak anak-anak. Anak-anak dipacu untuk berpikir. Misalnya bagaimana menemukan rumah Ian dengan petunjuk peta. Terus ada juga mengisi teka-teki silang, sambung kata, mencari perbedaan seperti hewan yang serupa tapi tak sama, dan lain-lain.




Membuat Prakarya

Nah, biar semakin asyik, ada membuat prakarya juga sambil menunggu bedug magrib bersama teman-teman. Prakarya juga beragam. Misalnya ada membuat alat untuk membangunkan sahur, membuat alattunjuk ngaji, sampai membuat souvenir balon tumpuk. Seru, kan...



Nah, itu dia cara agar anak-anak ceria dan bersemangat selama berpuasa di bulan Ramadan. Pastinya orang tua harus terus mendukung dan memberi semangat. Selamat berpuasa, ya...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Tips Agar Anak-Anak Ceria Selama Berpuasa Ramadan"

  1. Anak saya bangun sahur gampang tapi makannya lama banget, jadi mang paling bener bangunin anak sahur haru sejam lebih cepat. Bukunya banyak yaa ceritanya, bisa satu hari satu cerita selama ramadhan itu

    ReplyDelete
  2. Wahh bagus sekali bukunya, Mas Bams. Harganya berapa? Wajib hunting nih untuk menemani anak-anak saat berpuasa, agar mereka dapat ilmu baru.

    ReplyDelete
  3. wah keren nih pak Bams, kalo dilihat dari daftar isinya, bukunya sangat cocok jadi pendamping kegiatan anak di bulan ramadan ini.. hmm jadi penasaran nih sama isi bukunya hehehe

    ReplyDelete
  4. Keren banget 👍 Mase, sudah menerbitkan buku baru lagi. Kali ini temanya seputar Ramadhan ya. Tapi isinya lengkap juga ya, ada teka-teki, quiz sampai prakarya. Jadi anak-anak nggak bakalan bosan membaca buku ini. Anak kedua saya juga lagi belajar puasa full, Alhamdulillah sudah mulai terbiasa, meski ya ada drama sedikit hehehe

    Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasanya lancar, barokah dan semua amal ibadah diterima Allah, aaamiiin aaamiiin 🤲

    ReplyDelete
  5. bener Pak Bams, kalau udah bangunin anak-anak ya kudu diliatin dianya memang udah melek atau malah lanjutin mimpinya wkwkwk. Soalnya ponakan daku gitu, kirain udah bangun dan siap gitu ya, eh malah dia nge-bantal lagi dong hihi

    ReplyDelete
  6. MEnyelingi dengan beberapa permainan yang bisa mengalihkan puasa merupakan solusi tepat. aku sama istriku bgini sekarang buat ngajarin sabar

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah ada pengalaman bangunin anak sahur, Mas Bams. Tapi bangunin anak buat sekolah aja susah banget, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Menarik sekali bukunya Pak, anak-anak bisa seru bermain atau beraktivitas dengan buku ini, kalau tidak diberi kegiatan mereka akan jenuh dan lebih loyo

    ReplyDelete
  9. Mas Bams tau aja kebutuhan anak-anak akan pembelajaran mengenai makna puasa dan pelaksanaannya. Melalui kisah dalam buku yang interaktif seperti dalam buku "Sahabat Ramadan", anak dan orangtua bisa mengisi waktu sembari menunggu berbuka dengan aktivitas seru dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Momen seru bareng anak dan keluarga gini yg jrg dipenuhi oleh orgtua zaman now. Mereka asyik bekerja ampe lupa anaknya butuh perhatian. Bahkan hny dgn membaca buku/dongeng bareng, itu udh ada perhatian kecilnya loh.

    Smg ortu zaman now mkn faham hal kecil spt ini bs membawa kebahagiaan buat anak. Apalagi bikin prakarya bareng ortu pas ngabuburit sambil ditanamkan nilai2 islami di dlmnya.

    ReplyDelete
  11. Wah keren bukunya, bisa jadi teman anak saat berpuasa. Bisa dibacakan atau dibaca sendiri oleh anak sambil ditemani. Jadi anak bisa termotivasi dari cerita yang ada untuk menjalani Ramadhan dengan bahagia. Terkadang cerita-cerita begini lebih ngena pesan moralnya ke anak ketimbang anak cuma diceramahi saja.

    ReplyDelete
  12. Anakku nih kalau dibangunin bisa pe sejam. Harus bolak balik bangunaninnya. Tp kadang bs jg cpt bangunnya. Ini dipengaruhi jam tidur jg sih. Klo tidurnya cpt ya kemungkinan bs cpt bangun. Tp kalau ga ya gitu deh.

    ReplyDelete
  13. mantap nih rekomendasinya min, kalo boleh tahu buku-buku tsb adakah di gramedia ato pesan online?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.