} Enaknya Jadi Kakak atau Adik? - Rumah Kurcaci Pos

Enaknya Jadi Kakak atau Adik?

Tama kesal pada Andi. Kakaknya itu suka sekali menyuruh-nyuruhnya. Mentang-mentang lebih tua. Lain lagi cerita Aurel. Ia tidak suka pada adiknya. Karena lebih dimanja dengan orang tua. 



Terus, enaknya sebagai kakak atau adik, ya? Ada yang bilang jadi kakak itu enak. Bisa berkuasa, bisa nyuruh-nyuruh adik dan selalu mau menang sendiri. Tetapi, ada juga yang bilang lebih enak jadi adik. Lebih dimanja, semua permintaannya dituruti. Lalu enaknya jadi kakak atau adik ya? 

Sama  Saja  

Sebenarnya sama saja. Cuma kebetulan saja. Yang duluan lahir disebut kakak dan yang lahir berikutnya disebut adik. Kakak tidak usah iri kalau adik lebih diperhatikan. Adik jangan cemburu kalau uang jajan kakak lebih banyak.

Justru kakak adik harus saling pengertian. Kakak mengerti adik mendapat perhatian lebh, karena belum bisa mengerjakan sendiri. Adik mengerti uang jajan kakak lebih banyak. Karena kebutuhan sekolah kakak pasti lebih banyak dari adik. Misalnya kakak sudah bimbingan belajar online, sedangkan adik belum.

Karena sang kakak duluan lahir,  wajar dong, kalau kakak lebih tahu banyak mengenai berbagai hal. Misalnya soal matematika yang sulit. jadi Adik jangan menganggap kakak sok tahu. 

Adik jangan marah kalau kakak suka mengajari. Sebagai adik, kita terima saja apa yang diajarkan kakak. Yang baik kita terima, yang jelek jangan dilakukan. Adik yang pintar, pasti bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Kakak yang bijak, pasti tidak akan mengajari adiknya hal-hal yang tidak baik. Begitupun dengan kakak. Jangan mentang-mentang lebih tua, mau berkuasa. Cobalah belajar dewasa

Yang Harus dilakukan Kakak dan Adik

Lalu apa ya, yang harus dilakukan oleh kakak dan adik, ya. Kan tidak baik juga kalau sering marah-marahan atau ngambek-ngambekan. Justru kakak adik harus saling kompak.



Saling Mengerti

Kita pasti tahu kelebihan dan kekurangan saudara kita. Begitu pun apa yang disuka dan tidak disuka. Makanya sesama saudara kita harus saling mengerti. Lakukan yang saudara kita suka dan hindari apa yangsaudara kita tidak suka.

Sebagai kakak kita dituntut harus selalu mengalah pada adik. Jangan cemburu kalau adik lebih diperhatikan oleh papa dan mama. Bisa jadi adik belum bisa mengerjarkan sendiri. Sedangkan kita kita udah bisa. 

Adik juga harus mengerti kenapa uang jajan kakak lebih banyak. Mungkin karena kebutuhan lebih banyak. Misalnya Jarak sekolah kakak yang jauh. Saling mengerti menajuhkan kita dri pertengkaran. 

Saling Menghargai 

Kalau misalnya kakak tidak suka barangnya di pakai, ya kita jangan memakai. Kalau adik tidak suka bonekanya dimainin, ya jangan dimainin.

Penting sekali saling menghargai antar saudara. Kakak sayang pada adik. Adik hormat pada kakak. Menghargai bukan pada orangnya saja, tetapi juga dengan barang-barangnya. Jangan main pakai saja barang saudara. 

Saling Membantu 

Tidak ada manusia yang sempurna, Suatu waktu kita pasti membutuhkan pertolongan orang lain. Adik jangan manyun waktu kakak minta tolong ke warung. Kakak jangan malas ketika adik minta bantuan kerjakan PR. Termasuk bersama memelihara hewan pelihara. Dengan saling membantu, akan mempererat ikatan batin antara kakak dan adik. 

Saling Mendukung

Penting sekali di antara kakak adik saling mendukung. Kalau saudara kita punya hobi olahraga, maka kita harus memberi dukungan. Semangat dari saudara sangat bagus dan bisa berprestasi. Jangan sebaliknya

Belajar bertoleransi 

Kakak dan adik saling membutuhkan. Makanya Kita harus belajar bertoleransi. Apalagi kalau kita sekamar. Segala sesuatu dipakai berdua. Misalnya tempat tidur, kamar mandi atau lemari. Tetaoi masing-masing harus punya privasi. Jangan lupa bilang, kalau ingin pinjam sesuatu. Jangan seenaknya lama-lama dikamar mandi, semntara saudara kita menunggu di luar.


Kakak Adik Bisa Bersahabat atau Berselisih

Kakak dan adik mempunyai watak yang berbeda. Tapi dengan perbedaan ini, kakak dan adik bisa saling mengisi. Tapi hati-hati sampai berselisih.



Jadi sahabat yang baik 

Kakak dan adik bisa jadi sahabat. Dengan saudara kita bisa berbagi dan cerita apa saja, tanpa takut ahasia kita akan terbongkar pada orang lain.  Selain jadi teman bermain. Sebagai saudara secara tidak langsung, kita mempunyai ikatan batin. Kalau saudara kita senang atau sedih, kita pasti akan ikut merasakan. Kakak akan siap membela bila ada yang menjahili adik. Begitupun sia adik akan sedih melihat kakak yang tdak lulus audisi vocal. 

Berselisihan 

Perselisihan bisa timbul kerena masalah sepele. Beda pendapat, Rebutan kamar mandi atau baca majalah baru, bisa membuat kakak adik bertengkar.

Kalau sudah begitu, kakak atau adik jangan egois. Biar lebih tua, belum tentu kakak benar, begitupun sebaliknya adik belum tentu salah. Maka siapa yang salah harus segera minta maaf dan jangan malu mengakui kesalahan. Jangan biasakan berlama-lama saling berdiam diri. Yang rugi diri kita sendiri, lho.

Intinya, jadi Kakak atau adik itu sama saja. Sama-sama menyenangkan dan tentu saya punya tanggung jawab masig-masing.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enaknya Jadi Kakak atau Adik?"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.