} Tips Agar Lancar Saat Menulis - Rumah Kurcaci Pos

Tips Agar Lancar Saat Menulis

Tips Agar Lancar Saat Menulis - Salam Sahabat Kurcaci Pos. Menulis itu menyenangkan, lho. Tapi masih saja ada Sahabat Kurcaci Pos yang mengeluh, ya! Misalnya tulisannya macet di tengah jalan, susah mengembangkan alur, akhirnya tulisannya ditinggal. Sayang sekali, kan...



Nah, berikut, Kurcaci Pos akan memberikan tips agar Sahabat Kurcaci Pos saat menulis cerita bisa lancar. Semoga bermanfaat, ya...

Tips agar lancar saat menulis


Tulis yang Pernah Dialami

Menulis itu akan lancar, bila Sahabat Kurcaci menulis sesuatu yang pernah dialami atau dirasakan. Soalnya sudah pernah mengalami atau merasakan, jadi tinggal dituangkan saja ke dalam tulisan.

Misalnya, Sahabat Kurcaci pernah berlibur ke Bali, langsung bisa membayangkan saat pengalaman di Bali. Atau mau menulis cerita setting bali, tinggal membayangkan atau mengingat saja. Atau, misalnya Sahabat Kurcaci Pos pernah membantu nenek membuat puding karamel atau makaroni schotel, pasti lebih mudah menulis langkah-langkahnya.

Berbeda, kalau Sahabat Kurcaci menulis sesuatu yang belum pernah. Misal menulis setting semarang. Padahal Sahabat Kurcaci belum pernah ke Semarang. Sahabat Kurcaci Pos harus mencari referensi dulu. Dan ini kan membutuhkan waktu juga. Malah kalau Sahabat Kurcaci malas mencari referensi, info yang ditulis bisa kurang tepat.


Kuasai Bahan Tulisan

Menulis itu akan lancar, bila Sahabat Kurcaci Pos menguasai bahan tulisan yang akan ditulis. Jadi saat ingin menulis sesuai, Sahabat  Kurcaci melengkapi dulu bahan-bahan seputar tulisannya. Semakin lengkap bahan tulisan dan akurat, maka semakin bagus.

Misalnya nih, Sahabat Kurcaci Pos ingin menulis tentang tema cerita bunga. Maka sahabat kurcaci tentukan ingin menulis bunga apa dulu. Misalnya bunga sedap malam. Nah, Sahabat Kurcaci cari infonya seputar bunga sedap malam. Kenapa namanya sedap malam, apa saja manfaatnya dan lainnya. Kalau bahan sudah dikuasai, maka Sahabat Kurcaci Pos akan lancar saat menulisnya. Tidak meraba-raba lagi. Bunga sedap malam itu.

Soalnya lebih bagus menyiapkan bahan dulu, baru menulis. Karena bahan sudah lengkap, maka  menulis bisa cepat. Tapi kalau bahan tidak lengkap, menulis sebentar, tunda lagi, tunda lagi. Dan mencari bahan tulisan sekarang lebih mudah. Sahabat Kurcaci bisa browsing atau nonton youtube.


Tentukan Target

Biar menulis lancar jaya, maka Sahabat Kurcaci Pos harus tentukan target, kapan waktu menulis. Misalnya, 1 tulisan seminggu. Jadi dengan adanya target, Sahabat Kurcaci Pos jadi semangat menulis.

Target ini jangan dijadi beban, ya. Memang sih, awalnya berat karena Sahabat Kurcaci pos dituntut menulis sesuai target. Tapi kalau sudah bisa dilalui, maka hasilnya akan bagus bagi proses menulis kita. Sahabat Kurcaci akan semakin konsisten dan terus semangat menulis.

Nanti kalau Sahabat Kurcaci Pos sudah enjoy dengan target ini, maka akan lebih mudah menyelesaikan target peribadi. Misalnya dari seminggu 1 tulisan, jadi 2 tulisan. Sampai seminggu 1 tulisan. Bukan hanya itu, Sahabat Kurcaci Pos akan mudah meneyelesaikan target dari penerbit atau orderan tulisan.

Konsisten Menulis

Sahabat Kurcaci Pos pasti sudah tau kan, kalau menulis itu adalah sebuah proses. Jadi nikmati proses menulis itu dengan senang hati, dan biarkan semua indah pada waktunya.

Konsisten menulis, akan membuat Sahabat Kurcaci Pos mudah menentukan ide, konflik, tokoh, dan ending. Sahabat Kurcaci Pos mudah merangkai kata, menyusun kalimat sampai akhirnya menjadi alur cerita yang enak dibaca.

Nah, kalau semuanya serba cepat, dijamin kan, Sahabat Kurcaci Pos akan cepat menyelesaikan tulisannya. Kalau cepat menyelesaikan satu tulisan, maka akan segera menulis tulisan-tulisan lain. Akhirnya tulisan yang dihasilkan semakin banyak.

Demikian tips sederhana dari Kurcaci Pos. Semoga bermanfaat. Salam semangat menulis, Sahabat Kurcaci Pos.

Kurcaci Pos


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Agar Lancar Saat Menulis"

  1. Paling gampang nulis yang pernah dialami dan memang dikuasai banget ya, Mas Baim.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.