} Manfaat Anak Naik Sepeda - Rumah Kurcaci Pos

Manfaat Anak Naik Sepeda

Rivan sedang sekali saat sudah bisa naik sepeda. Tidak sia-sia perjuangannya belajar naik sepeda selama 2 minggu. Sekarang setiap sore hari dia bermain sepeda bersama teman-temannya.



Manfaat Naik Sepeda

Naik sepeda itu sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan.  Kamu pasti merasakannya juga.Makanya memiliki sepeda menjadi keinginan hampir setiap anak.



Bisa ke Mana-mana

Saat bisa naik sepeda,, kamu bisa jadi leluasa, mudah dan fleksibel saat hendak ke mana-mana. pergi main, belajar kelompok atau disuruh ke warung lebih cepat. Termasuk saat pergi dan berangkat ke sekolah. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga. Bahkan dalam sekali waktu, kamu bisa pergi ke beberapa tempat. 

Misalnya dari rumah disuruh ibu dulu ke warung. Setelah itu, kamu akan ke rumah teman untuk pinjam buku pelajaran. Selanjutnya mampir ke rumah Paman untuk mengambil sesuatu. Jadi bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan atau tugas dalam sekali jalan.

Mandiri

Sudah bisa naik sepeda sendiri, otomatis akan melatih kamu jadi kemandirian anak.Bisa pergi ke mana-mana sendiri. Tidak memerlukan bantuan orang lain. Kalau dulu kan, harus diantar akrena mungkin jaraknya jauh. Lumayan juga kalau jalan kaki.

Mislanya sekarang sudah bisa pergi dan berangkat sekolah sendiri dengan naik sepeda. Orang tua tidka usah mengantar menjemput lagi dan bisa melakukan aktivitas lainnya juga.

Kamu juga tidak harus selalu tergantung pada orang lain. Misalnya selama ini mau pergi les harus bareng kakak naik sepeda. Nah, kalau kakak tidak sempat, bagaimana? Tidak pergi les, dong! Jadi kalau bisa naik sepeda, bisa pergi els sendiri.

Badan Jadi Sehat

Naik sepeda termasuk olahraga yang baik. Saat naik sepeda,  badan kamu jadi berkeringat. Saat kamu mengayuh pedal sepeda,  otot-otot akan bekerja sama saat naik sepeda. Mulai dari Qudriceps (otot paha bagian depan), Ha,strinhs (Otot paha bagian belakang, Glutes ((Otot pinggung), calves (otot betis), anterior tibialis (otot depan tulang kering, biceps (otot lengan), hip flexors (Otot bagian pinggul)

Bersepeda di luar rumah juga sangat menyehatkan. Apalagi sinar matahari juga bagus. Anak-anak akan bertambah sehat. Kamu tidak akan mudah terserang penyakit

Menambah Teman

Pastinya senang ya, bersepeda bersama teman-teman. Punya sepeda bisa menunjang pergaulan juga, lho.  Saat diajak main sepeda ke taman, kamu pun bisa ikut. Misalnya main hari minggu di rumah Nawa.

Misalnya saat liburan ke rumah kakek dan nenek. Kamu kan, bosan tuh kalau di rumah terus. Mumpung ada sepeda kakek, pakai saja keliling kampung. Selain melihat pemandangan hijau desa, menghirup udara segar, juga siapa tahu bisa bertemu teman baru di jalan.

Tahu Banyak Jalan

Naik sepeda bisa membuat kamu lebih banya hapal jalan. Karena biasanya akan tembus-tembus jalan. Akhirya kamu tidak akan tersesat. Kalau sudah hapal jalan membuat kamu lebih cepat sampai tujuan.

Bisa Membantu Orang Tua

Kalau bisa naik sepeda, kamu bisa juga membantu orang tua. Misalnya ibu membuka jasa masak makanan. Nanti kamu bisa naik sepeda untuk mengantar pesanan makanan ke para pelanggan. Atau ibu jualan kue basah, bisa bantu keliling jualan. 

Selain memabntu orang tua, kamu bisa juga mendapatkan tambahan uang jajan. Selain itu, akan menumbuhkan jiwa wirausaha kamu. Nanti akan sangat bermanfaat saat kamu dewasa.

Membantu Adik Belajar Naik Sepeda

Adik juga ingin bisa naik sepeda seperti kamu. Jadi kalau sudah mamhir naik sepeda, makapastinya bisa mengajari adik naik sepeda. Ini bisa semakin mempererat hubungan kakak dan adik. Kalau adik sudah bisa naik sepeda, kamu juga yang senang.  Nanti bisa naik sepeda bareng.

Membantu Teman

Ada teman yang sering terlambat ke sekolah. Ini karena sebelum ke sekolah dia harus membantu ibunya dulu. Terus dia harus berjalan kaki ke sekolah. Kasihan, kan?

Jadi kalau kamu naik sepeda ke sekolah dan rumahnya dekat dengan rumahmu, boleh sekali kamu ajak berangkat bersama. Aapalagi kalau sepeda kamu sudah ada boncengannya. Bahkan seru lho, kalau ada teman dalam perjalanan berangkat dan pulang sekolah 

Selain mendapat pahala, teman juga tidak akan terlambat ke sekolah. Nanti lain waktu teman akan dengan senang hati membantu juga.

Selalu Gembira

Saat naik sepeda, Kamu akan merasa senang. Banyak hal baru yang bisa kamu lihat dan dapatkan di luar rumah. 

Lebih Mudah Belajar Naik Motor

Banyak orang yangg bilang, kalau sudah bisa naik sepeda, maka nantinya akan mudah saat naik motor. Dan itu ada benarnya, sesuai pengalaman saya. Karena sudah bisa menjaga keseimbangan saat naik sepeda, naik motor juga begitu. Apalagi kalau kaki sudah sampai, akan lebih mudah belajar motor.

Hati-Hati Naik Sepeda

Walau sudah mahir dan lincah naik sepeda, tentu saja harus terus hati-hati, agar tidak terjadi hal yang diinginkan, ya. Makanya hal-hal di bawah ini harus kamu lakukan selama bersepeda, agar terus selamat.



  • Harus selulu konsentrasi menjaga keseimbagan. 
  • Kecepatan sepeda sedang-sedang saja. Apalagi ini di jalan raya.
  • Selalu bersepeda di jalur kiri.
  • Janga bersepeda beriringan apalagi sambil bercanda. Selain membahayakan juga menganggu pengguna jalan lainnya.

Itu dia manfaat bisa naik sepeda. Semuanya tidak hanya bagus dan bermanfaat bagi sendiri, tapi juga bagi orang lain. Tapi ingat selalu, ya! Terus berhati-hati saat naik sepeda.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Anak Naik Sepeda"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.