} Hore, Dapat Buku Gratis! - Rumah Kurcaci Pos

Hore, Dapat Buku Gratis!

Minggu 19 Mei 2024 ada acara seru di kemendikbudristek di jalan Jendral Sudirman Jakarta Selatan. Dalam rangka memperingati Hari buku yang jatuh setiap tanggal 17 mei, Dharma Wanita Persatuan kemendikbukristek bersama Pusat Perbukuan dan Badan Bahasa mengadakan acata Bebagi Buku.  Acara Ini bersamaa dengan Car Free day atau CFD.


Sejak awal mendapat info dari Mbak Pupuy, Kurcaci Pos sudah berniat datang. Wih, siapa sih, yang tidak mau buku gratis. Kebetulan sekali, pagi  hari Kurcaci Pos ada suatu pekerjaan di jalan Jendral Sudirman. Makanya, Kurcaci Pos sudah ada di sana sejak pukul 6 pagi. Niat banget ya hehehe.

Terus acara ini sangat bagus. Orang tua bisa mengajak anak-anak dan nantinya bisa semakin meningkatkan gemar membaca buku. Habis dari sini, bisa lanjut jalan-jalan ke tempat lain.

Menuju ke Acara Berbagi Buku

Sekitar pukul 8 pagi, Alhamdullilah  pekerjaan Kurcaci Pos sudah selesai. Kurcaci pos pun berencana Langsung meluncur ke Mendikbudristek di samping FX Sudirman. Tapi  Kurcaci Pos bingung, mau naik apa ke sana? 

Infonya Transjakarta atau busway baru rute Kota - Blok M itu baru beroperasi mulai pukul 10 pagi. Sebabnya di bundaran Hotel Indonesia, ada pencanangan HUT Jakarta yang ke 497. Pastinya  ramai sekali. Apalagi ada Kahitna sebagai Bintang tamu. Dan pas Kurcaci Pos melihat tayangannya di televisi, Ternyata ada juga Jonathan Christie sang juara All England tunggal putra 2024.



Tidak ada jalan lain, terpaksa Kurcaci Pos  harus jalan kaki. Hitung-hitung ikut CFD. Iya sih, tapi masalahnya  Kurcaci Pos Tidak pakai pakaian olahraga, tapi malah pakai celana jins. Mana bawa tas ransel yang lumayan berat. Ditambah lagi Kurcaci Pos membawa tripod hahaha. dan tripod.

Tapi kerena sudah niat, akhirnya Kurcaci Pos ikut jalan saja. Lumayan ya, jaraknya ada sekitar 4-5 km. Tapi karena banyak orang, jadi seru. Sambil jalan, Kurcaci bisa melihat pemandangan.. eh gedung-gedung bertingkat di sepanjang jalan Sudirman hehehe.



Kurcaci Pos malah sempat mampir ke jembatan Phinisi di halte busway Karet. Wah ramainya. Apalagi kali ini bertema "Kingdom Planet of the Apes". Ramai, dan harus sabar mengantre saat foto hehehe.

Sampai di Acara Berbagi Buku

Sekitar 1 jam Kurcaci Pos berjalan, akhirnya  Kurcaci Pos sampai di Kemendikburistek. Ternyata pengunjung sudah ramai. Ini karena yang sedang CFD pun mampir. Siapa juga kan menolak dikasih buku gratis. Termasuk kurcaci Pos hehe. Selain bisa buat keponakan yang masih usia SD, bisa dipelajari juga untuk menulis cerita anak. Seperti cerita Kurcaci Pos berjudul Berbagi Kebahagiaan yang ide ceritanya dari buku.


Kurcaci Pos pun segera registrasi. Setelah itu Kurcaci Pos langsung menuju stand. Ada 5 yaitu Jenjang A,B,C, D dan E. Kurcaci Pos menuju stand B dulu. Setiap orang bisa mengambil 3 buku. Syaratnya sudah follow akun Sibi.


Sayangnya di stand C, D dan E sudah habis. Padahal saat Kurcaci Pos intip bawaan buku pengunjung lain, itu tiap orang dapat 1 ikat berisi 4 buku. Duh sayangnya. 

Jenjang Bacaan Anak

Mungkin Sahabat Kurcaci Pos ada yang bertanya soal jenjang pembaca anak. Jadi Jenjang pembaca anak dibagi beberapa jenjang sesuai usia dan kemampuan membaca anak. Biar lebih jelas, Kurcaci Pos share sedikit, ya.

Jenjang A

Jenjang A merupakan jenjang pembaca dini. Jenjang A ini saat anak-anak baru pertama kali mengenal buku dan belum mampu membaca, sehingga memerlukan perancah (scafffolding). Pembaca jenjang A ini usia 0-7 tahun.

Jenjang B

Jenjang B merupakan jenjang pembaca yang sudah mampu membaca teks berupa kata/frasa dengan kombinasi bunyi hururf klausa, kalimat sederhaha, dan paragraf sederhana serta memerlukan perancah untuk membaca. Nah, jenjang pembaca ini terbagi lagi menjadi 3 jenjang yang disesuaikan lagi dengan jumlah kata. 


B1 untuk usia pembaca 6-8 tahun. B2 untuk pembaca usia 7-9 tahun. B3 untuk pembaca usia 8-10 tahun. Dilihat dari usianya, jenjang B ini memang usia anak SD kelas 1 sampai kelas 4.

Jenjang C 

Jenjang C disebut juga pembaca semenjana. Jenjang ini adalah anak-anak yang mampu membaca teks secara lancar berbentuk paragraf-paragraf dalam satu wacana. Usia jenjang pembaca ini 10-12 tahun atau anak SD kelas 4-6.

Jenjang D

Jenjang D disebut juga pembaca Madya. Pada jenjang D,  pembaca sudah mampu memahami beragam teks dengan tingkat kesulitan menengah. Pembaca Jenjang D usia 13-15 tahun atau SMP kelas 8-10

Jenjang E

Jenjang E disebut juga pembaca mahir. Pembaca jenjang E, sudah mampu membaca beragam teks secara analitis dan kritis serta mampu menyintesiskan berbagai pemikiran dengan baik. Pembaca jenjang E adalah yang berusia  diatas 16  tahun.

Menyusuri Acara Berbagi Buku

 Setelah mendapatkan buku, Kurcaci Pos menyusuri dulu acara berbagi buku. Pengunjung masih berdatangan, apalagi acara masih berlangsung sampai pukul 10. Buku yang dibagikan juga masih ada. Terus ada juga wajah lukis bagi anak-anak, serta kuis berhadiah buku.


Kurcaci pos sangat suka melihat banyak juga pengunjung anak-anak yang datang bersama orang tuanya. Kurcaci Pos senang karena orang tua mengenalkan buku kepada anak di era dgital anak-anak lebih suka bermain game. Dan pastinya ini akan membuat keinginan membaca buku semakin besar, termasuk ke perpustakaan. Apalagi sekarang perpustakaan sudah sangat nyaman. Baca tips agar anak-anak senang ke perpustakaan.



Menjelang pukul 10 pagi, Kurcaci Pos pun meninggalkan tempat acara. Kurcaci Pos senang, dapat buku, dapat pengalaman, dan pastinya dapat ide untuk tulisan dan cerita. Semoga segera diadakan acara-acara keren seperti ini lagi. Terus semangat membaca buku, ya. Aamin..

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Hore, Dapat Buku Gratis!"

  1. Alhamdulillah setelah berjalan kaki 1 jam, akhirnya bisa dapat juga bukunya. Dapat badan sehat, dapat bahan bacaan pula.

    Sayangnya di stand C, D dan E bukunya sudah habis. Eh tapi bagus juga lah ini, menandakan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk memperoleh bahan bacaan, semoga juga semangat membacanya tinggi

    ReplyDelete
  2. Kebayang itu ramainya di sepanjang jalan Sudirman, karena pas bersamaan dengan CFD. Syukurlah happy banget ya dapat buku² bermanfaat.
    Daku pikir Pak Bams sempet nyanyi bareng Kahitna barang 1 atau 2 album hehe.

    ReplyDelete
  3. Wah sayang kurcaci pos kehabisan dapat buku dari stand C, D dan E.
    Keren sekali acara bagi buku gratis begini. Apalagi stand disesuaikan jenjang usia sehingga bisa disesuaikan dengan umur pembaca bukunya

    ReplyDelete
  4. Menulis cerita anak tuh challenging banget menurutku. Sampai sekarang belum pinter aja. Padahal pernah ikut workshop, belajar nulis buku anak, mentornya Mas Bambang...hehe... Seneng banget bisa dapet buku gratis ya Mas...

    ReplyDelete
  5. Senangnya dapat buku gratis
    buku itu bak harta karun ya? Jadi jangankan gratis, bursa buku murah pun diserbu
    Sayang udah lama gak denger bursa murah di Bandung
    dan semoga bisa datang kalo acara buku gratis di Jakarta

    ReplyDelete
  6. Bacaan anak ternyata berjenjang ya mas, wah jadi tahu nih jenjang bacaan yang pas buat anak.
    Anw saya suka cerita-cerita anak di Kurcaci Pos ini, blog khusus untuk cerita-cerita anak. Buat si emak punya bahan cerita-cerita ke anak.

    ReplyDelete
  7. Antusiasme acara Hari Buku ini luar biasaaa yaa, mas Bams.
    Melalui literasi dan buku gratis yang dibagikan semoga banyak keluarga yang menghidupkan kembali nyawa-nyawa membaca buku dengan asik dan seru.

    Aku jadi inget, waktu kecil dulu.. Bapak sama Ibu rajin sekali membaca.
    Kalau Bapak, setiap pagi selalu membaca koran dan majalah Tempo di waktu senggah. Kalau Ibu, baca tabloid Kartini.

    Jadi ingatan itu terpatri kuat kalau membaca apapun, boleh.
    Yang gak boleh, gak membaca. Heheheh~

    Selamat Hari Buku, kurcaci pos...

    ReplyDelete
  8. Wahhhh.. senangnya Kurcaci Pos dapat 3 buku gratis. Mana buku bacaan anak-anak pula. HIks.. jadi penginnnn.

    ReplyDelete
  9. Emang bener sih memberi bacaan pada anak harus ada jenjang bacaannya. Apalagi buat anak-anak yang belum kenal buku dan belum bisa baca. Bisa banget dibantu orang tua untuk mendampingi mengenal buku. Keren banget sih Pak, acara bagi-bagi bukunya. Semoga acara kek gini makin sering dan rutin diadakan.

    ReplyDelete
  10. Enaknyaaa. Lumayan banget dapet 3 buku gratis. Sepadan dengan perjuangan kesana ya pak hehe.

    ReplyDelete
  11. Kemarin sempat bingung liat persyaratan sibi soal jenjang kayak gitu, eh ternyata berdasadkan usia, ya. Kalau aja bisa beli onljne, jadi pengen beli buat riset ikutan kurasinya tahun depan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.