} 10 Persiapan Mengajak Anak ke Pantai - Rumah Kurcaci Pos

10 Persiapan Mengajak Anak ke Pantai

Siapa yang suka ke pantai? Pastinya Sahabat Kurcaci Pos banyak yang suka, ya! Selain bisa melihat pemandangan bagus, juga bisa mengajak anak-anak bermain air di tepi pantai. Pokoknya semua anggota keluarga senang kalau ke pantai. Daripada liburan tak ke mana-mana, kan...

Foto Canva

Nah, biar semakin seru saat liburan ke pantai bersama keluarga, ada beberapa hal yang harus Sahabat Kurcaci Pos siapkan. Apa saja itu? Yuk, simak tipsnya.

1.Tentukan Tujuan

Hal pertama yang Sahabat Kurcaci Pos siapkan, pastinya menentukan tujuan pantainya. Karena kan, pantai di Indonesia banyak. Bahkan di sekitar Jakarta juga banyak. Termasuk Pantai Maju PIK Jakarta Utara.

Soalnya tujuan pantai ini akan mempengaruhi persiapan teman-teman. Walau misalnya banyak pantai di Kebumen dan teman-teman tinggalnya di kebumen juga, tapi kan, jaraknya berbeda-beda. Salah satunya harus memperhitungkan jarak tempuh juga.

Terus, karena akan mengajak anak-anak, pastinya pilih pantai yang ramah untuk anak-anak. Bisa cari tahu dulu, apa saja fasilitas pantai yang akan dituju. Jangan sampai orang tua saja yang menikmati saat ke pantai.

2. Kendaraan

Hal selanjutnya yang harus teman-teman persiapkan adalah kendaraan menuju ke pantai. Bila jaraknya dekat, dan anggota keluar masih terdiri ayah, ibu, dan anak, boleh lah, naik motor. Tapi kalau jarak jauh, jangan memaksakan diri. Kasihan anak-anak.

Nah, kalau membawa mobil pribadi, cek lagi kondisinya. Apa semua sudah aman dipakai perjalanan menuju ke pantai. Karena biasanya letak pantai itu agak masuk ke dalam. Terkadang jalanan berliku, bahkan berlubang.

3. Pakaian

Saat pergi ke pantai, enaknya saat cuaca cerah dan matahari bersinar terang. Jadi nanti anak-anak  pakai baju yang nyaman saja. Misalnya t-shirt yang menyerap keringat. 

Kalau pantainya landai dan ombaknya tidak besar, Sahabat Kurcaci Pos diperbolehkan kok, main air di tepi pantai. Anak-anak boleh Basah-basahan, sambil  buat istana atau candi dari pasir. Tapi Sahabat Kurcaci Pos terus mengawasi buah hatinya.

Gambar Bing Image


Tapi kalau ombaknya besar dan ada larangan mandi di pantai, kalian tetap bisa bergembira main air dan berenang kok. Karena sekarang banyak pantai yang menyediakan kolam renang buat anak-anak. Bisa kolam renang permanen atau kolam renang buatan.

Jadi jangan lupa bawa baju ganti, ya. Kan tidak seru, kalau sudah siap main air, eh ternyata baju ganti ketinggalan di rumah.

Padahal banyak kegiatan seru selama liburan ke pantai. Jadi harus dimanfaatkan waktu sebaik mungkin

4. Topi

Di pantai mana pun rata-rata cuacanya panas. Jadi jangan lupa bawa topi. Apalagi anak-anak akan berada di bawah sinar matahari. Biar nantinya tidak pusing.

5. Bawa Bekal

Yang jualan makanan dan minuman di pantai memang banyak, tapi tidak ada salahnya membawa bekal. Apalagi krucil itu pada suka ngemil. Selain buat bekal di pantai, juga buat bekal di jalan.

Membawa bekal di rumah selain hemat, juga lebih terjamin. Terus memaksimalkan waktu selama berada di pantai. Misalnya tidak perlu mengantre makanan.

6. Bawa Uang Ekstra

Walau sudah membawa bekal dari rumah, namanya anak-anak, pasti ingin jajan juga. Apalagi kalau jajanan yang khas atau unik yang mereka jarang makan.Terus tidak hanya lapar jajanan, anak-anak juga lapar mainan hahaha. Mungkin saja anak akan merengek saat minta sesuatu

Eh, bisa saja Sahabat Kurcaci Pos malah ikut beli ini itu. Misalnya para ibu memborong ikan asin. Terasi juga wajib dibeli. Tidak ketinggalan oleh-oleh khas.

Jadi memang perlu sekali menyiapkan uang ekstra. Tarik dulu uang tunai. Kalau perlu sudah ditukar dengan pecahan berbagai nominal. karena sesuai pengalaman Kurcaci Pos, masih jarang penjual yang menggunakan pembayaran elektronik. 

7. Peralatan Mandi

Setelah bermain air, anak-anak pastinya akan mandi untuk membersihkan diri. Apalagi pasir-pasir pantai akan menempel tidak hanya di baju yang dipakai main air, tapi juga di seluruh badan. 



Peralatan mandi wajib sekali dibawa. Sabun mandi, odol, sikat gigi, sampai sampo harus sudah masuk dalam tas. Terus handuk mandi jangan sampai ketinggalan. Termasuk bedak dan minyak telon. Apalagi kalau balita, maka perlengkapan harus komplit.

8. Obat-obatan

Saat di pantai anak-anak akan pecicilan, alri sana lari sini. Itu menunjukkan kegembiraan mereka. Namun risikonya, bisa saja terjatuh.

Bisa juga angin laut membuat anak-anak masuk angin. Atau terlalu banyak makan dan minum ini itu, jadi sakit perut. Jadi perlu sekali membawa obat-obat. Soalnya sesuai pengalaman, di pantai jarang yang menjual obat-obatan.

9. Istirahat yang Cukup

Biar liburan di pantai semakin seru dan maksimal, maka jangan lupa istirahat yang cukup. Terutama bagi anak-anak, tidak boleh tidur terlalu larut, biar bangunnya segar. Apalagi kalau perjalanan ke pantai cukup jauh.

Kemudian sebelum berangkat, wajib sarapan dulu. Perut yang terisi akan membuat Sahabat Kurcaci Pos dan keluarga terhindar dari masuk angin. Alih-alih mau senang-senang di pantai, malah mual dan muntah.

10. Berangkat Pagi

Di hari biasa, pantai mungkin tidak terlalu ramai. Tapi saat hair libur atau wiken, bisa dipastikan akan ramai.

Jadi sebaiknya berangkat pagi, agar sampai di sana tidak terlalu siang juga. Sahabat kurcaci pos bisa memilih tempat duduk atau tempat menggelar tikar.

Itu dia tips persiapan saat akan mengajak anak ke pantai. Pokoknya dengan persiapan yang matang, maka acara ke pantai akan semakin seru dan menyenangkan. Selamat berlibur ke pantai.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "10 Persiapan Mengajak Anak ke Pantai"

  1. persiapan-persiapan yang disebutkan di atas sebelum mengajak anak ke pantai memang penting disiapkan ya, biar anak happy dan semua happy

    ReplyDelete
  2. Mengajak anak ke pantai memang butuh banyak persiapan. Saya pernah menemani ponakan yang berusia 4 tahun itu gak kenal kata capek deh. Jadi yang bermain bersama anak harus ada back upnya orang dewasa biar bisa gantian untuk menemani.

    Jangan lupa pula untuk diingatkan makan dan minum untuk si kecil karena kalau sudah main tuh, ampe matahari terbenam dan badan udah menggigil kedinginan pun masih mau tetap main terus. Kadang sampai harus diseret keluar dari pantai tuh bocah. wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  3. Seru banget pasti kalau main ke pantai sama keluarga, karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bareng keluarga 😍

    ReplyDelete
  4. Bener banget ini, agar jalan2 ke pantai benar2 seru dan menyennagkan anak2. Jadi ingat kalau pantai adalah tujuan wisata favorit anak, seru main pasir dan ombak.

    ReplyDelete
  5. Jalan-jalan ke pantai memang paling menyenangkan. Karena bisa main air. Bener banget, sebaiknya berangkat dari pagi. Biar bisa gelat lapak ditempat yang enak dan adem hehe

    ReplyDelete
  6. Ke pantai itu memang paling aman pagi banget biar puas mainnya dan gak terlalu panas. Jadi ingat akahir tahun kemaren, kami nginep di cottage yang di depannya itu langsung ketemu pantai. Alhasil dua hari berturut-turut bangun tidur kami langsung nyebur. Airnya masih dingin, tapi yo seru banget.

    ReplyDelete
  7. Hihi setuju semua, terakhir apapun yang terjadi tetap happy nikmati momen bersama anak anak dan keluarga tercinta

    ReplyDelete
  8. kalo berangkat pagi punya waktu panjang buat menikmati pantai, karena kan juga masih gak begitu padat sama pengunjung ya Pak Bams.
    Cuma ya paling kudu antisipasi juga, semisal pada punya pikiran sama mau datang pagi juga malah jadi padat di waktu pagi haha

    ReplyDelete
  9. Iya bener banget sih kalo ajak anak-anak liburan kemana pun itu pasti persiapannya banyak. tapi seruu banget bisa sekalian bounding sama anak-anak yaa Kak. Selamat jalan-jalan :)

    ReplyDelete
  10. Aku tim berkunjung ke pantai kalo pas ke luar kota aja mbaak. Hehe jujur kurang nyaman sama pantai di Jakarta.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Rumah Kurcaci Pos. Tidak diperkenankan menggunakan konten di blog ini, tanpa seizin Kurcaci Pos. Terima kasih.